Konten Youtube Yang Cepat Usang untuk Pemula Jangan Lakukan ini
Photo by alexander bracken on Unsplash

Konten Youtube Yang Cepat Usang untuk Pemula Jangan Lakukan ini

Posted on

Pembuatan konten untuk youtube bisa dibilang susah gampang karena dalam membuat video yang dibutuhkan banyak selain persiapan alat, kemudian juga konsep yang matang agar mendapatkan hasil yang sesuai dan banyak diminati penonton kemudian yang paling penting adalah konten anda berumur panjang.

Merucut pada banyaknya konten youtube yang hanya memiliki umur tidak lama, saya sendiri memiliki pandangan bahwa konten jenis yang akan saya ulas ini kurang tepat karena hanya beberapa bulan saja enak di tonton.

Berikut ini contoh jenis konten video yang memiliki waktu tonton pendek, hal ini bukan berbicara tentang durasi melainkan video yang mempunyai umur panjang misal anda membuat video tahun 2016 atau lebih tua lagi namun sampai sekarang video anda masih di tonton orang.

Ciri Konten Youtube Yang Cepat Usang

Salah satunya Video yang hanya menembak kata kunci, kendati cara ini bisa mendatangkan penonton karena kata kunci yang di pakai sedang banyak yang cari, hingga membuat video anda akan ikut tampil di mesin pencari youtube.

Video akan terkesan terpaksa karena kreator mau atau tidak harus membuat isi video yang relevan dengan judul yang ia pakai misal judul “Ikan Asin” maka anda sebagai kreator akan membuat video yang berisi tentang judul itu, dengan beda konsep dan cerita dari judul aslinya. Atau anda akan lebih extrime masuk kedalam masalah sebenarnya, misal sedang ramai tentang “ikan asin” kemudian anda masuk ke dalam cerita tersebut.

Nah jenis video yang seperti ini akan cepat usang dimakan usia karena sudah tidak cocok lagi di tonton di waktu yang tidak tepat, padahal judul yang anda buat adalah kata kunci yang viral pada masa itu, tapi dengan hitungan bulan atau bahkan minggu ke viralan judul tersebut telah usai maka video yang anda buat juga akan usai dan usang.

Saya perhatikan ada beberapa youtuber besar masih asik bermain di cara tersebut, namun tidak masalah bagi mereka karena chanel yang mereka bangun sudah jadi, tidak perlu lagi menjaga eksistensi videonya selalu banyak yang menonton. Chanel besar cenderung memiliki kecukupan dalam satu atau dua konten terbaru saja, tapi tetap jenis konten seperti itu tidak lama umurnya.

Resiko yang dihadapi bukan hanya video anda akan cepat usang, beberapa hal ini juga akan anda hadapi seperti persaingan kata kunci yang begitu kuat dengan akun milik media terkenal seperti akun stasiun televisi yang hanya hitungan jam bisa mempublikasikan beberapa konten.

Nah, dengan adanya artikel ini supaya anda sebagai pemula memiliki konten yang bisa bertahan lama dan selalu ada yang menonton, karena jika akan mencoba ambil topik seperti yang saya jelaskan ini beberapa resiko yang harus di hadapi.

Penutup

Hal ini kembali lagi kepada kreatornya itu sendiri apakan yang sedang di harapkan jika yang penting trafik saja, saya pikir video jenis seperti itu bisa dilakukan. Tapi jika tujuannya ingin mempunyai konten yang bisa di tonton sepanjang waktu maka pilihlah yang edukatif dan inspiratif.

Dan artikel ini dibuat agar anda sebagai pemula di youtube lebih bisa mempersiapkan diri menghadapi persaingan yang sangat ketat.