3 Smartphone yang Memiliki Kamera Belakang Bagus Buat Kebutuhan Foto

3 Smartphone yang Memiliki Kamera Belakang Bagus Buat Kebutuhan Foto

Posted on

Kadang memiliki banyak faktor pertimbangan untuk beberapa orang dalam membeli smartphone, entah dari spek dan performa atau hanya karena merknya. Pokonya bayak ragam, tapi akhir-akhir ini produsen smartphone bersaing bukan hanya pada performa namun dari hasil jepretan kamera sedang unggul dibicarakan belakangan ini.

Tidak semua user menyukai selfi, ada user yang menginginkan kamera belakang lebih dari apa yang ia harapkan, untuk keperluan foto dan membuat video tentunya.

Beberapa produsen smartphone yang memilih kamera depan berkualitas lebih baik, dan sebagian lainya membekali kamera belakang yang diunggulkan.

Persaingan ini tidak terlepas dari pertumbuhannya media sosial, kehadiran media sosial seperti instagram contohnya membuat para pengguna smartphone bisa mengembangkan kreatifitas seni fotografi.

Memang diakui oleh setiap orang bahwa kamera yang dimiliki oleh smartphone tidak bisa mengalahkan kemampuan kamera yang memiliki full frame seperti SLR atau DLSR. Tapi sisi lain banyak fotografer profesional yang mengakui bahwa kualitas kamera smartphone saat ini sudah memilki kualitas yang bagus.

Berikut ini hasil testing yang dikutip dari DxOMark yang merupakan salah satu organisasi independen yang melakukan pengujian kamera lebih dalam dan detaile dengan melewati serangkaian testing.

3 Smartphone yang Memiliki Kamera Belakang Bagus Buat Kebutuhan Foto (versi DxOMark)

1. Huawei P30 Pro

Samartphone tipe P30 Pro milik Huawei memiliki peringkat pertama dalam segi kamera mendapat skor pengujian tertinggi dibanding lawannya hasil pengujian yang dilakukan oleh DxOMark. Huawei P30 Pro sudah di rilis beberapa bulan lalu di Indonesia dan salah satu dari smartphone yang ramai dibicarakan.

Huawei P30 Pro meraih skor dari DxOMark 112 untuk kemampuan kamera belakang yang ia miliki, dan mengalahkan Samsung Galaxy S10 dan juga Apple iPhone XS Max. P30 Pro memiliki empat buah lensa yang tertanam dengan sertifikasi dari Leica.

Kamera pertama : Resolusi 40 Mega Pixel dan Lensa Wide Angle
Kamera Kedua : Resolusi 20 Mega Pixel dan Lensa Ultra Wide Angle
Kamera Ketiga : Resolusi 8 Mega Pixel dan Telephoto
Kamera Keempat : Lensa teknologi Time of Flight yang memiliki kemampuan efek 3D atau Bokeh yang mantap.

Huawei mendapat pujian dari DxOMark dengan kemampuan kamera belakang yang dimilikinya, karena mampu memberikan ketajaman dalam kondisi kurangnya penerangan tidak hanya itu P30 Pro memiliki auto focus yang sangat cepat, pujian lainnya dari sisi lampu flash hasil jepretannya masih memberikan warna yang sangat bagus begitu kata DxOMark.

2. Samsung Galaxy S10 5G

Samsung sudah merilis hanya tiga varian dari seri S10 di Indonesia, sementara untuk versi 5G sementara baru hadir di negara asalnya Korea Selatan. Nah apa kan versi 5G memiliki perbedaan yang mencolok?

Dijelaskan bahwa Samsung Galaxy S10 dan juga variannya memiliki tiga kamera di belakangnnya, tetapi Samsung Galaxy S10 5G malah memiliki empat buah kamera seperti Huawei P30 Pro.

DxOMark mencatat Samsung Galaxy s10 5G ini berada diperingkat dua dibawah Huawei P30 Pro. Smartphone ini memiliki kamera empat pada bagian belakangnya dan ini spesifikasinya:

Kamera pertama : 12 Mega Pixel
Kamera Kedua : 16 Mega Pixel Lensa Ultra Wide Angel
Kamera Ketiga : 12 Mega Pixel Lensa Telefoto
Kamera Keempat : Lensa TOF seperti kamera yang dimiliki Huawei P30 Pro.

DxOMark menilai kamera belakang Samsung Galaxy S10 5G ini memiliki kemampuan fokus yang baik serta sangat cepat dengan kualitas warna white balace yang juga baik. Tetapi DxOMark menilai kemampuan zoom yang dimiliki S10 5G ini tidak menghasilkan kualitas foto yang melebihi Huawei P30 Pro kata DxOMark.

3. One Plus 7 Pro

One Plus sudah lama meninggalkan pasar Indonesia, tapi merek yang masih memiliki kaitan dengan Oppo dan Vivo masih aktif merilis versi terbarunnya di luar negri. Versi yang terbaru adalah One Plus 7 Pro yang menduduki peringkat ketiga terbaik menurut DxOMark dengan meraih skor 111.

One Plus 7 Pro mengandalkan hanya dengan tiga kamera belakangnya. Tiga jenis kamera yang ditanam yaitu:

Pertama: 48 Mega Pixel Lensa Ultra Wide Angle
Kedua : 16 Mega Pixel Lensa Ulra Wide Angel
Ketiga : 8 Mega Pixe Lensa Telefoto

Pendapat DxOMark kamera belakang yang dimiliki One Plus 7 Pro masuk dalam golongan sangat bagus mampu memberikan warna yang kaya dan akurat serta memiliki kemampuan autofocus yang cepat.

Walaupun tidak memiliki zoom optik 5x sebagus Huawei P30 Pro, kemampuan zoom optik 3x dari One Plus 7 Pro ini DxOMark mengatakan masih bagus, karena kualitas foto yang dihasilkan dengan menggunakan zoom masih terlihat tajam, berbeda dengan Samsung Galaxy S10 5G.

Ketiga ponsel canggih ini memang berada pada jajaran smartphone flagship, dan harganya tergolong mahal diatas 10jtan. Dengan begitu harga dianggap mahal oleh konsumen tapi memang kemampuan yang dimiliki oleh ketiga smartphone ini juga masuk akal.

Sumber: medcom.id