5 Jenis Channel Youtube yang Akan Ditolak Google Adsense

5 Jenis Channel Youtube yang Akan Ditolak Google Adsense

Posted on

Youtube salah satu situs berbagi video yang disediakan oleh Google untuk tempat berekspresi, dan berkreasi bagi penggunanya, selain itu juga situs ini memberikan penghasilan bagi youtuber yang menjadi partner sebagai publisher Adsense (penayang iklan), namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di youtube, jika dilanggar maka channel yang kita daftarkan bisa saja ditolak oleh Google Adsense.

Tidak semua youtuber untuk mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan Adsense karena bukan satu-satunya cara masih banyak lagi cara untuk mendapatkan penghasilan dari situs tersebut. Walaupun demikian Adsense lah yang paling awal dipilih sebagian besar youtuber yang ada.

Jika channel kita sudah dapat menempuh syarat yang diberikan oleh pihak youtube yaitu 4000 jam tonton dan 1000 subscriber, maka channel kita akan diterima oleh youtube menjadi partner Adsense, tapi tidak untuk jenis channel seperti ini.

Berikut ini Jenis Channel Youtube yang Akan Ditolak Google Adsense

1. Duplikasi atau Reuploader

Reuploader atau duplikasi konten itu sangat dilarang oleh youtube bahkan jenis yang seperti ini tidak hanya berlaku pada youtube saja melaikan blog juga seperti itu jika anda melakukan copy paste konten orang lain maka kemungkinan besar pengajuan program partner adsense anda akan ditolak.

Reuploder konten biasanya melakukan beberapa perubahan pada video aslinya misalkan seperti menambah frame dari video asli, cara ini bermaksud agar robot youtube bisa meloloskan konten tersebut menjadi original, mungkin saja bisa lolos pada tahap ini namun pas direview oleh tim youtube yaitu manusia maka konten tersebut akan tereliminasi.

2. Thumbnail Menipu

Teknik ini sempat marak karena diyakini dapat menarik trafik yang bagus untuk perkembangan channel, tetapi sekarang sudah jarang yang menggunakan teknik thumbnail click bait. Pasalnya youtube sudah memfilter konten jenis seperti ini walau pun lolos terkadang digantung oleh pihak Adsense, diterima tidak di tolak juga tidak, sedih kan.

Tenik seperti ini membuat reputasi channel kita menjadi jelek, kebanyakan orang tertipu karena tampilan thumbnail yang menarik sebagai contohnya misal thumbnail menggambarkan ada sosok ular besar kemudian memangsa manusia, ternyata pas dilihat isi videonya tidak seperti itu, konten seperti ini juga akan disingkirkan.

3. Sub4Sub atau Saling Subscribe

Kalo yang ini sudah banyak yang tau ya, karena setelah peraturan 4000 jam dan 1000 subscriber ditetapkan oleh youtube, banyak youtuber yang melakukan sub4sub atau saling subscribe dengan tujuan saling membantu, memang dilihat dari tujuan bagus saling support tapi cara ini dianggap curang oleh pihak youtube.

Walaupun cara ini banyak dilakukan oleh kebanyakan youtuber pemula dan berhasil, lebih baik sih jangan dilakukan khawatir dengan channel yang anda buat akan mendapat masalah dikemudian hari.

4. Audio Berhak Cipta

Menggunakan audio yang dijadikan backsound video kita juga tidak luput dari perhatian youtube, jika kita menggunakan audio yang mempunyai hak cipta secara otomatis akan mendapat teguran dari youtube, bahkan jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus channel anda bisa saja disuspand atau ditutup bisa permanen bisa tidak.

Maka gunakanlah audio yang benar-benar bebas dari hak cipta, memang sih jika kita ambil audio yang bebas kadang tidak menarik dan sama dengan youtuber lain dengan kata lain banyak yang pakai, jika ada modal bisa beli atau skill buat sendiri instrumentnya.

5. Reuse Content

Ini hampir sama dengan reuploader cuma bedanya jenis ini lebih kemodifikasi isi, seperti video dipotong-potong kemudian diisi dengan suara anda dan sebagainya, jika anda pemula maka kemungkinan besarnya akan ditolak atau di php sama adsense, karena youtube menganggap video anda mempunyai duplikat konten.

Nah, sekarang sudah ada pencerahan ya, bagi yang sedang membangun channel youtube dan berniat dimonetisasi maka harus mengikuti peraturan yang ada jangan dilanggar, supaya bisa jadi partner Adsense.

Baca juga Konten Youtube Yang Cepat Usang untuk Pemula Jangan Lakukan ini

Kesimpulan

Tidak hanya seorang youtuber yang ingin mendapatkan sesuatu dari apa yang ia lakukan, dengan melakukan yang terbaik maka yakin channel anda akan diterima, karena youtube tidak melihat alat apa yang anda pakai tapi melihat dari asli dan tidaknya konten.