Alasan Kenapa TikTok Makin Populer di 2020

Alasan Kenapa TikTok Makin Populer di 2020

Posted on

Aplikasi yang tik tok yang sedang digandrungi banyak orang saat ini, kehadiranya seperti aplikasi baru di jagat maya padahal tiktok sendiri sudah lama hadir pada September 2016 yang dikenalkan oleh Zhang Yiming ia adalah seorang pendiri TouTiao.

Aplikasi tiktok yang dimainkan oleh kalangan masyarakat biasa hingga artis, dan pejabat ini salah satu aplikasi yang tergolong paling cepat perkembangannya dibandingkan dengan aplikasi lain. Bermain tiktok pengguna memungkinkan dapat membuat video pendek berdurasi sekitar 15 detik saja yang disisipi musik, filter dan beberapa fitur yang menambah asik untuk dimainkan.

Perjalanan tiktok tercatat dari semenjak diluncurkan hingga akhir tahun 2019 mengalami peningkatan yang sangat signifikan, tercatat 500 jutaan pengguna aktif diseluruh belahan dunia, yang angkanya mungkin saat ini bertambah lebih banyak mengingat banyak orang mempromosikan ID tiktoknya.

Ini sejarah sebelum kehadiran Tiktok

Kenapa tiktok makin populer di 2020 bukan tidak ada sejarahnya, karena sejatinya mereka yang dapat meraih kesuksesan banyak sekali menelan pahitnya perjalanan untuk mencapai tujuan seperti tiktok ini.

Aplikasi bernama tiktok yang kita kenal sekarang ini sebenarnya memiliki nama lain sebelum berubah menjadi tiktok siapa sangka nama sebelumnya adalah Douyin dan dalam kurun waktu satu tahun aplikasi Douyin memiliki 100 juta pengguna dan 1 miliar tayangan video setiap harinya, luar biasa bukan bayangkan kalau itu channel youtube anda :).

Aplikasi yang berasal dari China ini bak roket yang semakin tinggi saja terbang yang pada akhirnya Douyin melakukan banyak perubahan hingga keluar dari China dengan nama yang baru dan sekarang kita kenal sebagai TikTok.

Alasannya apa sih TikTok itu dibuat?

Pada dasarnya tiktok memiliki misi yang mengangkat kreativitas serta dapat mengabadikan momen yang berharga bagi penggunannya diseluruh dunia. Seperti halnya aplikasi lain yang populer saat ini tiktok sendiri mendorong setiap orang mampu menjadi kreator yang membagikan berbagai hal ekpresi kreatif melalui video durasi pendek.

Alasan kenapa TikTok lebih menonjol dari aplikasi yang menjadi pesaingnya pada kategori aplikasi hiburan pada aplikasi ini memungkinkan setiap orang dapat menjadi kreator dengan mudah karena aplikasi ini tergolong sederhana dan mudah untuk dipelajari.

Padangan dari sisi pasar, pada aplikasi ini sangat to the point tidak banyak basa basi ketika kreator akan menyuguhkan hasil karyanya kepada para pengikut, yang menjadikan banyak perhatian banyak orang video didalamnya tidak menyita waktu banyak. Pengguna langsung dapat mengidentifikasi berbagai konten pilihan, serta ketika beralih dari satu video ke video lainnya.

Aplikasi TikTok dari China untuk Dunia

Sejarah mencatat bahwa tiktok menjadi viral dengan cepat di Jepang dan Thailand, dan bukan hanya itu tiktok kategori aplikasi gratis yang banyak diunduh dari kedua market app seperti play stor dan app store. Di Indonesia sendiri kehadiran TikTok sempat viral menjadi pembicaraan banyak orang hingga pemblokiran oleh Kominfo, tidak sampai disitu aplikasi yang pernah menjadi bahan bully karena dianggap aneh dan alay.

Tapi saat ini TikTok menjadi populer kembali apalagi di tahun 2020 ini banyak pengguna yang lebih beragam mulai masyarakat biasa hingga kalangan artis dan pejabat untuk mengisi waktu luang membuat video pendek ala tiktok.