Anda Pilih Mana Jadi Blogger atau Youtuber

Anda Pilih Mana Jadi Blogger atau Youtuber?

Posted on

Berbagai jenis peluang usaha di jalan digital semakin marak dan bersaing, dari menjadi selebgram, blogger dan youtuber. Artikel kali ini semoga bisa menjawab kegalauan yang sekarang anda rasakan. Apakah sampai saat ini anda sedang memikirkan bagaimana caranya mendapatkan uang dari media Internet.

Sebelum membahas lebih dalam lagi tentang kegalauan memilih jadi Blogger atau Youtuber, banyak yang sudah kita ketahui bersama bahwa media youtube, blog dan media sosial lainnya dijadikan ladang mencari tambahan penghasilan atau malah menjadi tempat utama untuk mencari uang.

Agar bisa memilih diantara keduanya maka saya akan jelaskan apa saja kemampuan yang harus anda miliki ketika memilih salah satu diantara youtuber atau blogger.

Anda Pilih Mana Jadi Blogger atau Youtuber?

1. Menjadi Blogger

Media blogger banyak digunakan berbagai tujuan, ada yang berjualan mengenalkan produknya, ada juga yang menulis tutorial, karya-karya lainnya. Menjadi seorang blogger itu kemampuan yang paling utama adalah bisa menulis karena blog berisi tulisan dan juga gambar yang menjadi ilustratornya.

Menjadi seorang blogger minimal harus memahami dan mengikuti perkembangan ilmu dibidang SEO, HTML dan CSS kenapa demikian alasannya.

SEO – Belajar ilmu SEO bagi seorang blogger yang bertujuan ke penghasilan wajib hukumnya karena jika tidak belajar bisa jadi tulisan anda yang berada di blog tidak ditemukan pada mesin pencari yang pada ahirnya tidak mendapatkan trafic organik sebagaimana semua blogger mengharapkan itu.

HTML dan CSS – Tidak jarang seorang blogger minimal mengerti apa itu pengkodean HTML dan CSS yang memang perlu diketahui, jika anda memiliki keinginan menjadi blogger, maka dengan mengerti jenis bahasa tersebut anda akan lebih mudah untuk mengkostum template yang anda gunakan untuk menunjang penampilan lebih baik dan profesional.

Seorang Blogger harus rajin membaca karena kalau anda sungkan membaca maka apa yang terjadi tulisan anda hanya terdiri dari beberapa kata saja. Sedangkan dalam SEO paling tidak, ini menurut para ahli mengatakan 300 kata dalam satu buah artikel yang dibuat, lebih bagus lagi jika mampu hingga 1000 kata.

Dengan banyak membaca maka perbendaharaan kata anda lebih banyak lagi, karena untuk memenuhi syarat SEO yang lebih baik lagi maka rajinlah untuk blogwalking (sering mengunjungi blog-blog, portal berita dan sebagainya).

Menulis semua orang pasti bisa namun ketika menjadi seorang blogger, menulis yang bermanfaat dan unik itu sesuatu yang berbeda. Ada tips yang sudah banyak melakukannya yaitu dengan cara menuliskan ulang ide kreatif orang lain dengan cara anda sendiri.

Karena metode ini saya percaya berjalannya waktu anda akan bisa menuliskan ide anda secara original tanpa mencontoh atau menuliskan ulang artikel yang ada temukan.

Jika semua sudah anda kuasai maka hal yang anda tunggu-tunggu dengan sabar dan konsisten akan datang yaitu penghasilan dari apa yang anda lakukan.

2. Menjadi Seorang Youtuber

Seperti halnya blog media youtube juga dijadikan tempat untuk berpromosi produk, cerita, prank, humor, podacast, cover bahkan sampai reuploader tentunya dalam segi konsep secara sepintas hampir menyerupai blog hanya berbeda youtube dengan video dan audio sedangkan blog dengan teks dan gambar.

Menjadi seorang youtuber anda juga harus mampu membaca analitik penonton video anda, dari laporan grafik maka akan terlihat video jenis apa yang paling disukai oleh viewer anda.

Harus mampu mengedit video karena karena jika tidak anda harus puas dengan video yang begitu kurang menarik, untuk keperluan edit video tentu harus memiliki pc yang mempunyai spek yang cukup untuk keperluan multi media kendati dari smartphone sudah bisa edit video.

Agar terlihat lebih bagus kualitas video dan audio anda rekam maka perlu peralatan yang cukup dari kamera dan microphone namun sekarang sudah bisa dilakukan dengan smartphone tapi tetap balik lagi anda harus puas dengan hasilnya.

Pemahaman pada algoritma yang ada pada youtube juga anda harus pelajari jangan asal upload, jika tidak memahami sedikit pun maka video yang berada di chanel anda akan tenggelam terkubur oleh jutaan video yang ada.

SEO penting juga diketahui oleh youtuber, hal ini sama dengan yang dilakukan oleh seorang blogger, bagaimana konten yang di publish lebih mudah ditemukan bahkan sampai menduduki peringkat teratas dalam mesin pencarian youtube, dengan begitu potensi video anda lebih banyak di tonton.

Saya pernah buat artikel tentang skill youtuber, anda bisa baca ini: Ingin Menjadi Youtuber? 5 Skill Wajib Yang Kamu Miliki

Mungkin informasi ini masih belum lengkap karena masih banyak yang perlu di jelaskan, tetapi bisa saja beberapa kata yang sudah saya ulas bisa menjadi penawar galau yang sedang anda alami saat ini, menjadi yotuber atau blogger kalo saya lebih memilih menjadi blogger, anda apa?

2 thoughts on “Anda Pilih Mana Jadi Blogger atau Youtuber?

  1. Di akhir artikel

    kalo saya lebih memilih menjadi blogger, anda apa?

    Tapi tagline blog mas Rival Youtuber, Blogger, SEO. Kata Youtuber menjadi yang pertama, hmm…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *