Apa Bedanya Content Creator Dengan Youtuber

Apa Bedanya Content Creator Dengan Youtuber

Posted on

Bisa dibilang serupa tapi tetap tidak sama antara Content Creator dan Youtuber, dimana profesi ini sedang naik daun dan banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Pada era teknologi yang maju ini banyak menjadikan standar kesuksesan untuk sebagian banyak orang adalah populeritas di dunia maya.

Sebenarnya perbedaannya apa sih antara content creator dengan youtuber? Berikut ini penjelasannya.

– Content Creator

Pembuat konten atau yang biasa kita kenal dengan Content Creator, nama itu diberikan kepada orang-orang yang memproduksi konten baik itu suara, video, gambar, tulisan, dan juga beberapa gabungan diantara element tersebut.

Yang kemudian konten-konten tersebut dibuat untuk beberapa keperluan media sebagai contohnya Website, Youtube, Instagram, Facebook, Blog, dan juga beberapa media lainnya.

Seorang Content Creator memiliki tugas pokok yaitu mengumpulkan berbagai ide-ide kreatif, riset sampai pembuatan konsep yang akan digunakan untuk menghasilkan sebuah konten yang layak untuk dikonsumsi publik.

Content Creator akan membuat konten sesuai dengan keinginan perusahaan jika bekerja dalam sebuah industri tersebut, tetapi bila bekerja secara independen ia akan membuat konten yang menggambarkan brandingnya.

Syarat menjadi seorang content creator itu haru memiliki wawasan yang luas dan up to date terhadap sesuatu yang sedang populer yang saat ini sedang hangat-hangatnya dibicarakan.

Seseorang yang terjun dalam bidang content creator tentu dituntut mengetahui tahapan produksi, publikasi itulah komposisi yang harus dimiliki oleh seorang content creator.

– Youtuber

Youtuber sebuah nama yang diberikan kepada orang yang selalu eksis pada platform Youtube.com, dan mempunyai banyak penggemar, bahkan kata-kata youtuber ini sudah dibilang tidak asing terdengar oleh sebagian banyak masyarakat, berbeda dengan gaung yang dimiliki blogger.

Lalu apakah seorang Youtuber sama dengan Content Creator? Ada kesamaan tapi seorang youtuber belum tentu memiliki tingkat pengetahuan seperti halnya content creator.

Konten yang tampilkan seorang youtuber tidak jarang dari buah kerjaan seorang content creator yang selalu memberikan ide-ide dan konsep yang kemudian akan digarap oleh youtuber itu sendiri.

Tapi tidak jarang pula seorang youtuber yang merangkap menjadi keduanya, seperti anda misalnya, mulai dari membuat konsep, riset hinggap publikasi dilakukan sendiri.

Baca juga; Menjadi Seorang Blogger Pemula Agar Sukses, itu Bagaimana?

Kesimpulannya

Seorang Content Creator lebih banyak di belakang layar, tapi tidak menutup kemungkinan ia juga seorang youtuber yang merangkap, artinya kan sama tapi tetap tidak serupa.

Bagikan pendapat anda di kolom komentar agar dapat melengkapi konten ini.