Apa Bedanya WHM dengan cPanel, Serta Fungsinya

Apa Bedanya WHM dengan cPanel, Serta Fungsinya

Posted on

Ketika kita akan membangun sebuah website atau blog maka yang diperlukan adalah web hosting, sedangkan cPanel sendiri adalah sebuah tool yang disediakan hampir seluruhnya provider hosting. Setiap kita membeli paket hosting yang dipilih maka sebuah tool untuk mengatur semua file website.

cPanel itu fungsinya apa?

cPanel adalah sebuah panel kontrol yang berguna untuk membantu pengguna hosting dengan berbagai kepentingan, cPanel sendiri diinstall pada OS Linux yang pada umumnya distro CentOs. Beberapa hal bisa dilakukan dengan mudah bila anda menggunakan cPanel, seperti mengatur email akun, mengelola addon domain, sub domain sampai database tanpa pusing lagi.

cPanel juga banyak manfaatnya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa cPanel akan memudahkan anda untuk mengatur file keperluan website atau blog, sederhananya anda dibuat santai karena mengatur segala yang diperlukan dengan GUI (grapic user interface) jadi bagi pemula pun akan cepat mengerti cara kerjanya.

WHM itu fungsinya apa?

WHM adalah sebuah interface yang dimiliki server administrator dengan user root, menjadikan WHM sebagai fungsi utama berjalannya sebuah cPanel. WHM lebih banyak memiliki hak akses dari mulai mengatur DNS hingga menghapus sebuah user cPanel yang didalamnya.

WHM gampangnya yang memiliki akses adalah pengelola hosting, tapi tidak menutup kemungkinan jika anda memiliki VPS atau Dedicated Server tentu bisa menginstall dan memiliki keseluruhan hak akses seluruh pengaturan yang anda kehendaki.

Terus perbedaan yang signifikan apa antara cPanel dan WHM?

WHM dan cPanel:
Akses yang diberikan ke reseller tetapi tidak semua hak akses diberikan kepada reseller, tetap pemegang penuh adalah Aministrator (provider hosting). WHM dapat mengelola semua akun hosting (cPanel) yang ada didalamnya.

Port WHM berbeda dengan cPanel, WHM memiliki port 2087 sedangkan cPanel 2083 cara memanggilnya pun berbeda.

Ketika anda ingin memanggil WHM dengan url sebagai contoh masrival.com/whm sedangkan cPanel cara memanggilnya seperti ini masrival.com/cpanel, nah sampai sini apa sudah dipahami ya?

Dari WHM Administrator dapat merubah password yang dimiliki seluruh akun yang ada didalamnya misal membantu seorang user yang lupa sandi maka Administrator akan mereset passwordnya, tentu dengan syarat.

Apakah saya bisa memiliki akun WHM?

Tentu sangat bisa, dengan anda memiliki sebuah Server baik itu VPS atau Dedicated anda dapat menginstall WHM pada server tersebut, OS yang support WHM adalah CentOS disarankan versi terbaru.

Apakan WHM ada licensenya?

WHM ini bukan Control Panel gratis anda dapat berlangganan dari mulai bulanan hingga tahunan, harga license penggunaan VPS dan Dedicated server berbeda kendati fitur dan fungsinya sama yang membedakan hanya dimana anda menginstall WHM tersebut.

Demikin pembahasan mengenai WHM dan cPanel, dengan begitu anda lebih memahami lagi tentang Control Panel Hosting.