Apa itu Arti Influencer Media Sosial dan Kerjanya

Apa itu Arti Influencer Media Sosial dan Kerjanya

Posted on

Seorang influencer saat ini keberadaannya bisa dianggap penting pada era serba digital saat ini, banyak kita temui seorang influencer media sosial sedang melakukan sebuah promosi bisnis, karena memang sebuah pekerjaan seorang influencer.

Pada artikel kali ini mari kita membahasnya apa itu influencer pada sosial media dan ada tambahan yaitu influencer virtual, bagaimana menarik bukan?

Kehadiran influencer sebenarnya sudah lama di dunia marketing, tetapi tidak semarak sekarang ini, jelas perubahan selalu ada termasuk cara orang melakukan promosi untuk sebuah produknya.

Dulu orang melakukan promosi melalui media cetak dan elektronik, kendati sekarang masih ada yang mengiklankan sebuah produknya pada stasiun radio , koran, dan televisi. Tapi berapa persennya prilaku marketing sudah berubah yaitu lebih memilih promosi melalui influencer media sosial, apakah karena dianggap lebih efektif dan lebih mengena pada pasar mungkin itu yang jadi alasan.

Influencer itu apa?

Jadi pada dasarnya seorang influencer itu adalah seseorang yang mempunyai banyak pengikut (follower) pada akun media sosialnya, berikut ini contohnya seperti selebgram, blogger, selebriti, dan banyak lagi.

Dengan banyaknya follower yang ia miliki maka layaknya stasiun televisi atau radio yang suara dan gambarnya bisa dilihat begitu pula suaranya terdengar oleh penonton dan pendengarnya, jadi sangat mudah untuk melakukan sebuah promosi apapun.

Sudah bisa dipahami ya, apa itu influencer?

Pernah mendengar influencer virtual? Tentu pernah ya, tapi jika belum disini akan dijelaskan apa itu influencer virtual.

Virtual influencer itu pada dasarnya sama dengan influencer pada umumnya, perbedaan terletak pada nyata atau tidaknya model atau seseorang yang menjadi brand untuk melakukan pemasaran, jadi pada intinya virtual influencer ini adalah sebuah karya seni yang dibuat oleh seseorang untuk menjadi sebuah modelnya.

Sebagai contohnya anda mampu membuat sebuah gambar wanita cantik atau tampan atau karakter yang lain kemudian dengan konsisten selalu membuat sebuah postingan dengan karakter yang sama hingga di media sosial karakter tersebut akan menjadi sebuah influencer yang banyak followernya.

Cara kerjanya pun sama, jika ada perusahaan atau perorangan yang tertarik ingin promosi melalui influencer virtual akan dipasarkan oleh karakter yang menjadi maskot akun media sosial tersebut.

Nah, sekarang kita sudah bisa membedakan antara Influencer yang diperankan oleh seseorang atau kelompok dan Influencer yang diperankan oleh Sosok Virtual.

Dari sumber kayang kami percaya bahwa menunjukan angka 70% pelanggan usia remaja lebih percaya kepada bintang atau artis Youtube ketimbang selebriti lainnya karena dianggap konten kreator lebih memahami apa yang diinginkan atau lebih menjawab kebutuhan.

Era digital memiliki potensial yang menguntungkan terlebih anda adalah sebuah brand yang ingin menargetkan produk kepada follower yang setia mengikuti anda.

Baca juga; Keuntungan Memiliki Follower Banyak di Instagram

Kesimpulan

Dengan munculnya cara pemasaran baru tentu tidak menutup kemungkinan adanya pro dan kontra, tetapi pada kenyataannya promosi melalui influencer memiliki dampak yang bagus untuk perkembangan sebuah bisnis.

Masalah mana yang terbaik dari jenis influencer kembali kepada anda sebagai pemegang keputusan untuk mempromosikan produk milik anda.