Apa itu Brotli Berikut Fungsinya

Apa itu Brotli Berikut Fungsinya, Teknik Kompresi Web Agar Lebih Cepat

Posted on

Dari masa – kemasa perkembangan dunia internet akan selalu berkembang, termasuk kebiasaan penggunanya seperti mengakses suatu blog atau website yang cepat ketika suatu laman dibuka terasa lambat maka akan ditinggalkan oleh pengunjungnya.

Selalu ada cara untuk mengatasi persoalan tersebut agar web lebih cepat dibuka oleh pengunjung salah satunya adalah brotli, apa itu brotli dan fungsinya untuk apa sehingga dapat menjadi salah satu cara menjadikan halaman blog atau website anda semakin cepat diakses.

Untuk soal apakah dengan brotli mempengaruhi SEO halaman? Mungkin saja ada cuma belum bisa dipastikan sangat besar pengaruhnya, yang jelas jika halaman kita mudah dan cepat diakses maka pengunjung akan menyukainya.

Apa itu Brotli?

Algoritma kompresi yang dikembangkan oleh orang Google, kehadirannya memang sengaja dibuat oleh dua orang teknisi di google bertujuan untuk membuat halaman website bisa diakses dengan cepat.

Pada dasarnya sama saja dengan teknik lain, karena brotli membuat ukuran file dikompresi menjadi lebih kecil daripada ukuran aslinya, dengan ukuran file yang kecil maka komunikasi untuk memuat sebuah halaman website akan lebih ringan lagi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kecepatan website untuk terbuka saat diakses membuat pengalaman pengunjung semakin menyukai dan betah untuk membuka banyak halaman lagi.

Brotli dibuat pada tahun 2013 yang digunakan secara offline, dengan banyak memberikan pengaruh baik maka pada tahun 2015 perusahaan Google mengembangkan lagi teknik kompresi ini secara umum dan bersifat bebas (open source).

Menurut informasi yang saya kumpulkan bahwa brotli ini sebenarnya pencampuran dari algoritma Huffman Coding, LZ77 dan 2nd order context modeling. Yang menghasilkan kompresi baik untuk file besar dengan tekanan kompres 25%.

Perkembangan brotli ini juga sudah banyak dukungan dari browser Google Chrome, Firefox, Safari dan mobil Opera mini.

Sedangkan untuk fungsi Brotli, secara singkat adalah mengecilkan file ukuran yang besar menjadi kecil menjadikan ideal saat diakses menjadi ringan dan menghemat konsumsi data yang digunakan.

Keunggulan dari Brotli ini adalah dari sisi kecepatan mengkompres file yang lebih cepat ketimbang algoritma kompresi lain. Seperti contohnya kelebihan Brotli dibandingkan dengan Gzip, perbandingannya bisa dilihat dari hasil pengujian Brotli dapat mengkompres dengan waktu 690ms sedangkan Gzip 780ms.

Cara membuat website atau blog lebih cepat diakses dengan Brotli

Jika anda ingin mengaktifkan Brotli pada blog atau website dengan cara simpel yaitu menggunakan Cloudflare maka disana ada fitur brotli yang dapat anda pilih untuk mengkompres file.

Sebuah perkembangan teknologi yang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya, maka dari itu algoritma brotli adalah salah penemuan yang memberikan dampak bagi perkembangan yang serba online ini.

Baca juga; Penjelasan Bagaimana Cara Kerja Web Server

Brotli membutuhkan dukungan browser yang kita gunakan kemudian ada peran lain seperti server hosting yang kita gunakan juga harus support soal ini, maka dari itu di dalam artikel ini menjelaskan bahwa memasang brotli ini dengan mudah menggunakan layanan dari cloudflare.