Begini Cara Kerja Mesin Pencari Google

Begini Cara Kerja Mesin Pencari Google

Posted on

Mesin pencari google yang kali ini kita bahas, kata-kata googleling mungkin sudah sangat familiar biasa anda dengar atau bahkan anda sendiri yang sering mengatakan kepada orang lain ketika sedang mencari sesuatu pada internet.

Saat ini kita dimudahkan untuk mengakses segala macam informasi yang ada di internet, dengan hanya mengetikan kata kunci tertentu maka Google akan menampilkan hasil dari pencarian, ada beberapa yang akan ditampilkan, contohnya:

Begini Cara Kerja Mesin Pencari Google
image: idcloudhost

– Hasil yang ditampilkan oleh Google AdWords
– Hasil yang ditampilkan dari Google Bisnisku
– Yang terakhir hasil dari Organik

Pencarian Adwords

Dalam kategori ini yang tampil sifatnya sponsor atau berbayar, mungkin anda sering melihat saat mencari salah satu kata contohnya “Toko Pakaian” biasanya akan tampil dengan beberapa web yang memasang iklan pada adwords, yang kebetulan produknya sama dengan apa yang anda cari.

Pencarian Bisnisku

Hasil pencarian yang menampilkan alamat beserta foto sebuah bisnis, tapi biasanya ini akan muncul ketika anda mencari kata kunci yang mengandung nama tempat seperti “toko buah jakarta barat” misalnya, maka alamat toko dan gambar akan ikut ditampilkan jika pemilik toko tersebut mendaftarkan pada google bisnisku.

Pencarian Organik

Hasil penelusuran ini dalam kategori alami, misalkan anda memiliki sebuah website membahas beberapa topik misal “cara menanam buah apel” kemudian mesin pencari akan menampilkan alamat situs anda karena relevan dengan apa yang orang cari, hal ini karena dampak page rank website anda bagus yang dipilih mesin pencari.

Penjelasan singkat tadi sedikit menggambarkan hasil dari kerja mesin pencari google, sebenarnya semua mesin pencari punya karateristik yang sama soal cara kerja, namun kita bahas yang lebih populer saja seperti google.

Jadi pada dasarnya semua mesin pencari itu sama cara kerjanya terdiri dari beberapa tahapan seperti Crawling, Indexing dan Ranking, mari kita bahas ketiga tahapan ini.

1. Tahapan Crawling

Mesin pencari memiliki tahapan awal yaitu crawling (penjelajah/menelususri) jadi pada tahapan pertama ini mesin pencari akan menelusuri banyak halaman yang bisa sampe trilliunan jumlahnya, tetapi akan dimulai dari halaman-halaman yang mempunyai kualitas tinggi.

Menelusuri website-website terpercaya dan berkualitas tinggi dari website yang mempunyai kualitas konten terbaik akan ditemukan link-link yang merujuk keberbagai link website lain, bisa kita gambarkan tahapan ini seperti jaring laba-laba yang jalur satu sama lainnya tersambung.

Robot akan bekerja terus menelusuri link dari satu ke yang lainnya hingga kemudian dimasukan dalam database index milik google, makanya tidak heran orang-orang berani membayar profesional untuk mengelola sebuah web agar mempunyai struktur indexing bagus.

2. Tahapan Indexing

Dalam tahapan ini robot/bot pencari google akan menyimpan semua daftar link dan informasi yang ditemukan oleh bot, yang kemudian disimpan pada list database milik search engine google. Semua informasiĀ  bertujuan untuk ditampilkan pada hasil pencari dari sebuah kata kunci yang relevan, misal mencari “sate enak” maka akan ditampilkan yang berkaitan dengan “sate enak” dari berbagi informasi yang didapat oleh bot.

Hasil pencarian ini akan menampilkan mungkin jutaan kata yang relevan untuk ditampilkan makanya google search engine mempunyai filter yang dinamankan ranking, yang berguna untuk menampilkan konten yang lebih relevan lagi.

3. Ranking atau Peringkat

Sebuah konten akan mendapatkan peringkat bagus dari mesin pencari, sistem penilaian oleh mesin pencari ini sifatnya independen tidak ada yang tau bagaimana sistem memberikan nilainya, yang jelas mesin pencari akan menampilkan konten yang sesuai anda cari, dan memilih beberapa konten yang dianggap paling relevan untuk ditampilkan pada awal hasil pencarian seseorang.

Dari tiga tahapan tadi, mungkin anda sudah mendapatkan gambaran bagaimana mesin pencari itu bekerja, sebuah teknis SEO yang banyak pakar mengatakan bahwa sebuah website, tidak boleh melupakan teknik yang dapat mengundang mesin pencari merekomedasikan website anda sebagai yang paling relevan.

Karena bot akan bekerja lebih menyeluruh seperti membaca kode-kode dari belakang layar, jika kita membaca sebuah web makan akan melihat bagian depan saja, berbeda dengan mesin pencari ia akan memeriksa penggunaan kode dengan struktur yang baik, jika anda pemilik website menerapkan hal ini maka akan semakin naik performanya.

Baca juga Pengaruh SEO Terhadap Bisnis Online Anda

Tambahan Tips

a. Memastikan anda membuat judul yang mempunyai kata kunci relevan.
b. Menggunakan kata kunci pada paragraf isi konten yang relevan.
c. Mengisi “alt text” dan merubah nama asli file gambar dengan kata kunci.

Kesimpulan

Mesin penelusur milik Google, Bing, Yandex dan sebagainya, memiliki cara yang hampir sama dalam urusan hasil dan pengindeksan, maka dari itu pentingnya mengetahui cara kerja mesin pencari google.

Kedua belah pihak saling mebutuhkan, mesin pencari membutuhkan anda sebagai creator dan user pencari sebuah kata kunci, dan anda juga membutuhkan mesin pencari agar mendapatkan apa yang anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *