Cara Kerja Domain Serta Hosting Dengan Email Google Suite

Cara Kerja Domain Serta Hosting Dengan Email Google Suite

Posted on

Artikel kali ini membahas Google Suite, berawal dari obrolan kecil tentang apa kaitannya domain dengan server Google Suite, dan bagaimana jika domain tersebut down, pengaruh apa yang akan terjadi.

Sebelumnya mari kita kenalan dulu dengan Google Suite, bagi yang belum paham maka artikel ini cocok untuk anda baca, Google Suite adalah sebuah layanan yang dibuat oleh Google, dan dibuat dengan mengedepankan mobilitas dan kolaborasi.

Jadi tujuannya adalah membantu atau menyempurnakan kebutuhan IT di era milenial ini, bila kebetulan anda sangat aktif di dunia hosting, domain maka hal ini bukan jadi hal yang asing dengan layanan produk Google ini.

Google Suite berbasis Cloud, seperti yang sekarang kita ketahui bahwa teknologi ini sedang banyak diminati karena dinilai lebih efisien dalam membantu semua kebutuhan kerja. Dengan Cloud anda kapan saja bisa kolaborasi dokumen, chat, conferesi video, kalender dengan mudah, real time lagi.

Dan ada beberapa jenis layanan yang bisa anda jadikan sebagai penyempurnaan perusahaan anda, berikut paketnya:

– Basic
– Business
– Enterprise

Dari semua layanan tersebut pada intinya sama, namun perbedaan yang ada pada fitur-fitur yang lebih tinggi dari basic, jadi tergantung kebutuhan perusahaan anda atau secara personal.

Listnya bisa lihat disini
https://gsuite.google.co.id/intl/id/pricing.html

Cara Kerja Domain Denagn Google Suite

Bila anda masih belum tau bagaimana cara kerja Domain milik anda dengan Server Google Suite, berikut ini saya kasih penjelsannya.

Google Suite tidak bisa bekerja, atau disetting tanpa menggunakan domain, jadi perlu diketahui bahwa G Suite adalah layanan hosting email saja tanpa ada domain otomatis terdaftar, bila anda ingin menggunakan G Suite maka syarat pertama harus mempunyai Domain, kemudian syarat kedua Hosing atau layanan DNS.

Kok Hosting, bukannya G Suit itu Hosting?

Betul Google Suite adalah hosting tapi hanya sebatas penyimpan email dan data lainnya tidak bisa disamakan dengan hosting biasa. Tanpa adanya hosting atau dns maka setting G Suite mustahil bisa.

Pada layanan hosting biasa pada umumnya sudah ada fasilitas email secara langsung tanpa harus di configurasi, namun dengan anda menggunakan G Suite maka peran hosting biasa anda, berubah menjadi hanya sebatas menyimpan file website saja, tidak berikut dengan emailnya. Karena email sudah dialihkan ke Server G Suite dengan configurasi MX Record milik google.

Bisa di cek melalui intodns.com berikut list mx record G Suite.

aspmx.l.google.com
alt2.aspmx.l.google.com
alt1.aspmx.l.google.com
alt3.aspmx.l.google.com
alt4.aspmx.l.google.com

Setelah terlihat list berikut pada keterangan hasil cek di intodns maka artinya email anda sudah dialihan ke server Google, bila keterang tersebut menunjukan lain seperti contoh mail.masrival.com pada kolom mx records berarti anda tidak menggunakan G Suite.

Semua list MX Records yang tertera di pasang pada hosting biasa anda, jadi pada intinya domain dan hosting biasa ini sebagai penyambung agar anda bisa koneksi dengan server G Suite.

Bagaimana Kalau Domain atau Server Hosting Saya Down?

Bila ini terjadi, sudah bisa anda simpulkan layanan email milik G Suite jadi terputus atau Down akibat dari penyambung (hosting) tidak aktif akhirnya terputus sementara sampai hosting tersebut aktif kembali.

Solusinya apa jika itu terjadi?

Jika anda mengalami seperti itu, tidak perlu anda menanyakan langsung ke pihak Google atau Reseller, tanyakan saja kepada penyedia jasa domain hosting anda, untuk memastikan apakah server yang anda pakai dalam kondisi off, atau malah ternyata anda belum membayar invoice tagihan, yang mengakibatkan domain atau hosting anda disuspend.

Baca juga Perbedaan Shared IP dan Dedicated IP Pada Hosting

Itulah pembahasan pengetahuan dasar tentang, Cara Kerja Domain Serta Hosting Dengan Email Google Suite, semoga bermanfaat dan membantu anda.