MasRival.Com

Cara Kerja IO dan IOPS Adalah?

Dalam dunia hosting maka ada beberapa peran penting yang harus anda ketahui lebih mendalam lagi, bukan hanya melulu pada prosesor dan berapa besar ruang simpan yang berada pada akun hosting anda, akan tetapi memperhatikan IO dan IOPS juga penting untuk diketahui.

IO dan IOPS saling berhubungan satu sama lainnya, dibilang kedua hal ini tidak terlalu penting namun menurut saya penting diketahui bagi pengguna hosting karena ada pengaruhnya dan memiliki peran dalam kinerja hosting yang anda sewa.

Cara Kerja IO dan IOPS Adalah?

1. Apa itu IO

IO dalam sebuah hosting atau server adalah singkatan dari Input Output yang dimaksud kecepatan membaca dan menulis dalam sebuah hardisk, jika anda memiliki kasus IO yang buruk maka yang akan anda alami adalah lama proses untuk saving maupun membuka sebuah files.

Jika berbicara hosting server yang memiliki IO rendah itu berarti website anda akan mengalami lambat ketika di akses karena pembacaan yang buruk, sebaliknya jika anda mau saving atau upload itu membutuhkan waktu karena memiliki penulisan ke hardisk buruk, gampangnya kemampuan server atau sebuah hardisk tidak bagus dalam baca tulis.

2. Apa itu IOPS

Input Output per Second (IOPS), dalam sistem kerjanya adalah memberikan informasi bahwa IO yang bisa berjalan secara berbarengan dalam 1 detik. Maka berbicara tentang kemampuan Baca dan Tulis dalam sebuah storage jika ingin mendapatkan IOPS yang tinggi maka anda lebih baik memilih hosting yang menggunakan storage jenis SSD. Krena seperti yang sudah diketahui bersama bahwa SSD memiliki kemampuan baca tulis yang lebih baik.

Selanjutnya kenapa stroge jenis SSD lebih baik dalam membaca dan menulis ketimbang hardisk biasa yang infastruktur didalamnya berbeda dengan SSD. Hardis memiliki piringan yang mirip dengan kepingan DVD yang berputar dengan RPM tinggi, kemudian SSD tidak memiliki piringan sebagaimana Hardisk biasa.

Penyimpanan SSD memiliki komponen yang sama dengan sebuah flash disk, dibuat dengan menggunakan sejenis IC (Integrated Circuit) dari segi kinerja akan mendapatkan jumlah IO dan IOPS jauh lebih bagus.

Exit mobile version