Contoh Layanan Cloud Computing dan Manfaatnya

Contoh Layanan Cloud Computing dan Manfaatnya

Posted on

Masrival.com, Sudah basi atau tidak untuk mengenal apa itu cloud computing saat ini, karena setiap orang pada dasarnya sudah mulai menggunakan cloud computing tanpa disadarinya bahkan ada yang tidak tau apa itu cloud computing. Sebenarnya manfaat yang bisa kita ambil dari komputasi awan (Cloud Computing) itu banyak, pada artikel ini mari kita ulas contoh layanan cloud computing dan manfaatnya.

Cloud Computing adalah?

Sejatinya cloud computing ini sebuah model teknologi yang teknis kerjanya menggunakan jaringan internet, melalui software atau dengan aplikasi berbasis web, berbeda dengan koneksi langsung secara lokal ke server.

Pada server cloud anda bisa melakukan banyak hal, dari menyimpan dan mengambil data dari mana saja kapan saja, hanya dengan syarat memiliki koneksi internet dan hak akses yang sudah ditentukan.

Menginstal beberapa aplikasi untuk mendukung pekerjaan, yang dapat diakses oleh setiap karyawan dari jarak jauh (remote). Sebagai contohnya ketika anda sedang melakukan persentasi tidak perlu lagi membawa data dengan Flash Disk atau media hardware lainnya karena dengan cloud computing ada dapat mengambil data bahkan mengedit dan sebagainya dapat dilakukan cukup dengan laptop atau smartphone dan koneksi internet.

Penjelasan sederhananya, cloud computing ini sebuah server dengan berbagai aplikasi yang tersimpan jarak jauh bahkan kita sendiri tidak tau dimana letak sebenarnya, karena semua pusat akses berada pada internet jika tidak ada jaringan internet maka cloud computing tidak bisa diakses.

Melihat manfaat Cloud Computing

Manfaat Cloud Computing salah satunya dapat menyimpan data perusahaan atau pribadi secara terpusat, menjadikan pengguna lebih mudah menyimpan dan mencari dokumen atau file lainnya. Dengan menggunakan teknologi Cloud Computing kita tidak perlu lagi membangun infrastruktur seperti server file, aplikasi sekelas data center, karena penyimpanan dan sebagainya sudah tersedia secara virtual.

Soal keamanan data, banyak perusahaan cloud computing terpercaya untuk menyimpan data anda dengan aman, jaminan yang mereka berikan tentunya sudah tidak diragukan lagi, karena perusahaan cloud computing akan melalui tahap uji kelayakan untuk menjamin para pelanggannya tetap merasa aman.

Lebih fleksibel, cloud computing jauh lebih fleksibel karena dapat diakses dari mana saja dan kapan saja diperlukan, cukup dengan koneksi internet user atau pengguna dapat mengakses semua file yang diperlukan, tanpa ada media penyimpanan tambahan seperti flash disk atau hardisk.

Menghemat biaya hardware dan perawatan, jenis layanan cloud computing dipasaran kebanyakan sudah disesuaikan dengan keinginan pasar, seperti penyewaan server cloud computing secara bundle termasuk license beberapa aplikasi yang dapat diinstall pada komputer setiap pengguna, dengan harga jauh lebih rendah ketimbang beli secara terpisah.

Contoh Layanan Cloud Computing umum

Sebenarnya cloud computing sudah banyak digunakan oleh kebanyakan pengguna teknologi saat ini, namun banyak juga yang tidak menyadarinya, sebagai contoh layanan cloud computing yang umum digunakan dan yang belum pernah anda gunakan.

– Google Drive

Tentu tidak asing lagi dengan layanan cloud yang satu ini karena layanan ini bisa kita temui pada smartphone bahkan ada yang tidak sadar bahwa sistem backup otomatis dokumen atau foto masuk ke penyimpanan google cloud.

Google Drive memungkinkan pengguna dapat berkolaborasi dengan user lain yang dizinkan untuk mengedit data dan menyimpan data dalam kondisi jarak jauh, google drive tidak hanya mampu menyimpan file tapi bisa juga difungsikan untuk membuat dokumen secara online tanpa harus install softaware.

Layanan google drive sendiri ada dua versi dianataranya yang free hanya dapat menyimpan file sebesar 15GB sedangkan yang berbayar mampu menyimpan file yang cukup besar hingga 30TB.

– OneDrive

Cloud Computing milik microsoft ini tidak jauh berbeda dengan rivalnya yaitu Google Drive, yang mampu melakukan banyak hal termasuk berkolaborasi dengan pengguna lainnya.

Yang menarik dari layanan ini untuk anda yang sudah terbiasa menggunakan microsoft office maka sangat cocok menggunakan produk ini karena anda dapat mengakses office secara online dan menyimpan dokumenya secara online sekaligus versi gratis juga tersedia termasuk versi berbayar.

Cloud Computing tingkat perusahaan

Pada poin ini menjelaskan bahwa tingkat umum (personal) mungkin jauh berbeda kebutuhannya maka dari itu kedua perusahaan terkenal seperti Microsoft dan Google mengembangkan teknologi ini ketingkat yang lebih tinggi khusus digunakan untuk perusahaan menengah keatas.

Microsoft Azure

Layanan cloud computing yang sudah banyak digunakan oleh banyak perusahaan yang mengikuti perkembangan teknologi, dengan dalih agar tidak tertinggal dengan yang lain dan memberikan pelayanan yang lebih memungkinkan pada kecepatan dan fleksibelitas yang tinggi.

Microsoft Azure, menyediakan berbagai layanan yang dapat anda lakukan disana termasuk membangun sebuah aplikasi secara online tanpa memerlukan lagi server lokal, Microsoft Azure menjadikan aplikasi anda selalu online dan dapat diakses dari mana saja.

https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Azure

– Google Cloud Platform

Dalam sebuah bisnis tentu berbagai kebutuhan diperlukan untuk kelancaran berbagai proyek, termasuk mengembangkan dan keamanan data itu yang menjadi tujuan, Google Cloud Platform produk yang ditawarkan oleh Google ini adalah cloud computing, dimana anda dapat melakukan berbagai hal, seperti membuat aplikasi secara online atau membuat virtual computer diawan hanya dengan mudah.

https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Cloud_Platform

Kemudian kekurangan menggunakan Cloud Computing

Sebuah keunggulan pasti juga tidak lepas dari kekurangan, namanya hanya sebuah sistem teknologi yang butuh terus inovasi hingga mendapat apa yang diinginkan pasar, berikut ini kekurangannya cloud computing.

1. Butuh koneksi internet

Bisa dibilang bahwa internet adalah jalan satu-satunya untuk mengakses server cloud computing anda, jika koneksi internet di tepat anda terputus maka segala akses terhadap cloud terputus secara otomatis.

Hal tersebut masih menjadi kendala besar yang sering dihadapi di Indonesia khususnya, karena masih banyak juga wilayah-wilayah yang belum sempurna koneksi internetnya dan bahkan belum tersedianya jaringan internet.

2. Memilih dengan tepat provider layanan cloud computing

Kedua provider yang dijelaskan disini mungkin sudah cukup memberikan solusi masalah keamanan data yang berada di server mereka, standarisasi ISO yang sudah tidak diragukan lagi untuk menjamin keamanan.

Baca juga; Server VPS itu Untuk apa Sih

Penutup

Berbagai kebutuhan tersebut kembali kepada kebutuhan perorangan, lembaga maupun perusahaan.