Inilah Pengertianya Masrenode: Masternode Itu Apa?
Images: blog.westake.io

Inilah Pengertian Masrenode: Masternode Itu Apa? Bagi Pemula

Posted on

Dalam duania crypto ada banyak istilah-istilah yang digunakan, seperti mining. Trading dan masternode ini, pengguna awal atau pendatang baru mungkin masih bingung apa itu masternode, kemudian apa fungsinya didalam dunia crypto ini.

Artikel ini membantu anda lebih memahami lagi apa itu masternode, banyak diantara mereka yang sudah mendalami cryptocurrency menggunakan bahkan membangun sendiri server masternode, karena sejatinya masternode ini adalah sebuah server yang selalu aktif dan terkoneksi internet terus menerus.

Maternode adalah sebuah server yang sengaja dibuat oleh banyak orang yang sudah memahami seluk-beluk cyrpto karena bagi yang masih awam akan sulit untuk membangunnya secara mandiri. Tetapi namanya bisnis tetap saja ada yang mensupport anda bagi yang belum mengerti membangun sebuah server masternode, banyaknya situs online yang menyediakan server masternode dengan harga sewa bervariasi.

Server Masternode yang terhubung dengan jaringan koin itu sendiri, saya akan contohkan disini dengan menggunakan koin XRP begini contoh sederhananya.

Server masternode anda akan terhubung dengan jaringan XRP seluruh dunia, menjadikan transaksi koin tersebut akan lebih cepat dan stabil begitu pun harganya akan stabil juga.

Seperti anda membuat mesin ATM sendiri dimana pada setiap orang yang transaksi melalui mesin ATM anda maka, anda akan mendapatkan fee dari transaksi tersebut itulah keuntungan bagi pemilik masternode.

Apa dengan mempunyai masternode kita dapat keuntungan?

Jelas dapat keuntungan bila anda membangun sebuah masternode seperti yang sudah saya jelaskan tadi, semua transaksi yang menggunakan jaringan masternode anda maka pemilik akan mendapatkan fee atau imbalan, bisa perhari bisa juga beberapa kali dalam sehari itu tergantung ada tidaknya transaksi melalui masternode anda.

Apa saja modal untuk membangun masternode?

Modal yang harus anda siapkan yang pertama adalah koin, dalam jumlah tertentu sebagai syarat pada umumnya masternode akan berisi 1000 koin, misal isinya XRP maka dalam masternode anda berisi 1000 XRP tinggal dikalikan saja berapa modal yang harus anda siapkan untuk membeli koin tersebut, jika harganya 1 XRP adalah Rp 3000 maka sekitar 3 jutaan anda harus siapkan untuk mengisi masternode anda.

Kemudian menyaipkan server dan koneksi internet 24 jam non stop, kenapa harus berjalan terus alasannya server anda akan melayani orang bertransaksi XRP kapan pun dimana saja.

Server sendiri bisa anda buat secara mandiri ada juga menyewa yang sudah tinggal pakai saja, sebagai contoh ini https://www.nodestop.com dan https://nodehub.io/dashboard disana anda tidak sulit untuk membuat masternode tinggal klik saja, tentu anda harus menyewa perbulan biaya servernya.

Apakah Masternode sama seperti menambang atau mining?

Jawabannya adalah berbeda dengan menambang, karena masternode mendapatkan penghasilan atau pasif income dari besaran jumlah koin yang disimpan dalam masternode, bila menambang anda harus menjalankan mesin tambang simpelnya seperti GPU dan akan mendapatkan hasil ketika mesin atau pool mendapat block yang akan segera dipecah oleh mesin-mesin tambang.

Sedangkan masternode secara peralatan tidak seperti menambang, karena pemilik hanya cukup menyimpan koin didalam server tersebut dan terkoneksi dangan node-node lain sehingga menbentuk sebuah jaringan transaksi dan berbagai faktor lain yang menjadikan pasif income anda berjalan selama server tersebut aktif.

Baca juga; Apakah Bitcoin dapat Diuangkan dan Bagaimana Caranya?

Itulah penjelasan simpel soal masternode yang belum anda ketahui, ingat selalu budayakan “jangan pakai uang beras apalagi uang panas, pakailah uang bebas” karena segala resiko pasti ada.