Jika Website Anda Tidak di Submit ke Google Webmaster Tool
Photo by Pixabay from Pexels

Jika Website Anda Tidak di Submit ke Google Webmaster Tools

Posted on

Pada saat anda membuat website baru maka pastikan bahwa website tersebut sudah terindex oleh mesin pencari, agar nantinya mendapatkan trafik organik dari mesin pencari khususnya milik google.

Mesin pencari melakukan indeks kepada website/blog yang sudah di daftarkan sebelumnya pada Google Webmaster Tools, indeks bisa dibilang pengumpulan data dan informasi yang dilakukan oleh robot mesin pencari. Proses ini akan merekam semuanya kecuali anda membatasi perambahan robot itu sendiri dengan menggunakan pengaturan pada file robots.txt.

Jika website/blog yang sukses terindeks maka konten anda nantinya akan tampil pada mesin pencari Google, dengan begitu trafik organik akan berdatangan melalui penelusuran.

Bila website anda ingin segera di indeks maka caranya simpel, anda cukup mendaftarkan domain website anda di Google Webmaster Tool.

Jadi maksud dan tujuan dari Google Webmaster Tools itu memudahkan robot penelusur datang ke website, diibaratkan dia akan bertamu jika anda mendaftarkan atau memberikan alamat, robot akan selalu datang untuk melihat segala perubahan yang ada.

Jadi apa yang akan terjadi jika anda tidak submit url blog atau website ke Google Webmaster Tools.

1. Website/blog Lama Terindex

Seperti yang sudah di jelaskan tadi bahwa submit url sangat penting untuk mempersingkat pengindeksan robot mesin pencari. Sebenarnya sebuah konten lambat laun akan terindeks dengan sendirinya namun prosesnya bisa lama, dengan anda mendaftarkan website ke Google Webmaster Tools maka prosesnya lebih cepat.

2. Tidak Banyak Trafik Organik

Trafik organik adalah sebuah kunjungan yang di datangkan dari hasil pencarian seseorang dengan suatu kata kunci yang tepat atau relevan dengan konten anda, maka orang tersebut akan mengunjungi website anda itu yang di sebut trafik organik.

Resiko yang anda tanggung adalah tidak munculnya konten anda pada mesin pencari ketika seseorang mencari artikel yang relevan dengan milik anda.

3. Susah Bersaing Dengan Yang Lain

Submit URL adalah bagian dari mengoptimasi sebuah website/blog agar mampu bersaing dengan yang lain. Walaupun anda tidak berada diurutan utama pada hasil pencarian namun paling tidak anda sudah mengoptimasinya, bicara menjadi urutan utama beda pembahasan dengan artikel kali ini.

Sebetulnya masih banyak kekurangannya jika website/blog kita tidak didaftarkan ke Google Webmaster Tools, pada penjelasan singkat ini harapannya anda sudah memahami bahwa penting melakukan hal tersebut.

Baca juga : Berapa Lama Artikel Blog Terindex Oleh Google

Kesimpulan

Tidak semua orang membuat website/blog bertujuan sama, ada juga yang membuat blog hanya dijadikan tempat menuangkan hobi menulisnya saja, dan ada juga ngeblog dengan tujuan menyalurkan hobi dan mendapatkan penghasilan dari blog.

Informasi tentang Apa yang Terjadi Jika Anda Tidak Submit ke Google Webmaster Tools, semoga menambah wawasan bagi yang belum mendalami dunia blog dan semoga bermanfaat.