Kenapa Media Besar Mendominasi Hasil Pencarian

Kenapa Media Besar Mendominasi Hasil Pencarian

Posted on

Apa anda sedang gelisah soal hampir semua kata kunci terpakai oleh media besar yang mengakibatkan hasil pencarian didominasi media besar. Dengan kita membuat blog pasti memiliki tujuan paling tidak menjadikan blog sebagai media untuk tempat berbagi dengan yang membutuhkan, sedangkan yang membuat blog dengan tujuan mendapatkan profit, maka salah satu kunci penting yang mempengaruhi penghasilan adalah banyaknya traffic yang datang setiap hari.

Media besar mendominasi hasil pencarian memang seharusnya tidak masalah bagi pemilik blog yang hanya untuk berbagi informasi karena target traffic yang di cari tidak begitu digenjot, tidak seperti blog yang di monetisasi yang membutuhkan traffic banyak.

Terus kenapa media besar mendominasi hasil pencarian?

Perlu kita ketahui bahwa media-media besar yang memiliki sumber daya yang cukup untuk mengguncang kancah pencarian google. Kenapa blog personal susah untuk bersaing dengan media besar, berikut ini beberapa alasan menurut pandangan saya.

1. Kalah Modal

Untuk bisa berada di page one pencarian google bukan perkara mudah, karena untuk blog yang kalah modal akan kalah telak dengan media besar yang mempunyai modal yang cukup untuk mempekerjakan banyak orang. Modal seorang blogger personal seperti saya hanya berusaha membuat artikel yang bermanfaat bagi pembaca dan asli buatan sendiri bukan dari copy paste, translate, apa lagi artikel hasil spiner.

2. Kalah Tenaga

Google menyukai blog yang selalu update ditambah artikel yang lengkap dan original, tapi kenyataannya media besar tidak seperti blogger pada umumnya yang mana setiap artikel yang di update panjang dan rinci, namun mampu mendominasi hasil pencarian, ya tentu karena tenaga mereka besar sumber daya yang cukup untuk mendistribusikan informasi terbaru yang sedang banyak orang cari.

Bagaimana kalau blogger kecil menulis yang sama dengan media besar dengan tenaga yang tidak cukup memadai, misal hanya anda sendirian jelas ini akan membuat anda kualahan mengejar informasi terbaru untuk mengisi blog setiap harinya, jelas kalah tenaga.

3. Mempunyai Banyak Penulis

Memang tidak semua tulisan yang ada di media besar itu berbobot, kadang isinya hanya beberapa jumlah kata saja, padahal katanya google lebih menyukai tulisan yang lengkap dan panjang karena minimal setiap artikel harus memiliki 300 kata. Dan tetap saja yang menang media besar yang mempunyai banyak penulis setiap niche yang diangkat.

Mungkin dugaan saya benar bahwa semakin banyak artikel yang kita publish semakin besar juga kesempatan untuk mendapatkan tempat di mesin pencarian, tapi dugaan itu juga tidak pasti karena kita akan tetap kalah dengan yang sering update karena mempunyai banyak penulis.

4. Banyak Yang Membagikan Informasi ke Media Sosial

Pembaca media besar lebih sering membagikan informasi yang didapat ke media sosialnya, bahkan tidak jarang orang-orang membagikan tautan melalui group whastapp, karena yang di temukan mereka dianggap penting. Seperti yang kita ketahui bahwa google lebih menyukai blog yang artikelnya banyak dibagikan oleh orang-orang dengan unik IP.

5. Mereka Konsisten Update Artikel

Media besar yang bekerja disana pastilah banyak, dengan bagiannya masing-masing itu yang membuat mereka lebih konsisten ketimbang blog biasa yang angin-anginan kadang update kadang tidak, tapi dari sisi blogger menangnya adalah artikel mereka kebanyakan berisi, tapi kalah dari sisi konsistennya menjadikan media besar lebih dianggap paling aktif.

Baca juga; Belajar SEO untuk Pemula

Dalam artikel ini hanya beberapa poin saja yang saya pikir ini sudah cukup mewakili dari banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh media besar dalam menguasai kata kunci dan mendominasi hasil pencarian. Apakah dunia blogger akan tetap jaya atau pindah ke video?