Lebih Baik Memilih POP3 atau IMAP untuk Setting Outlook

Lebih Baik Memilih POP3 atau IMAP untuk Setting Outlook

Posted on

Apa anda seorang tenaga IT disebuah perusahaan yang bekerja untuk memberikan support teknis kepada karyawan? Jika ia, jelas anda sering mengkonfigurasi POP3 atau IMAP email perusahaan, kendati zaman sekarang penggunaan email sudah berangsur lebih memilih menggunakan jenis cloud ketimbang dikaitkan dengan outlook.

Tapi tidak jarang cara lama masih banyak digunakan seperti sinkronasi akun email kita dengan outlook atau software yang lain, ada dua koneksi yang bisa diterapkan IMAP dan POP3, kita boleh memilih dari keduanya yang disesuaikan dengan kebutuhan tentunya.

Lebih memilih POP3 atau IMAP untuk keperluan setting Outlook?

Pada penjelasan berikut ini anda dapat memutuskan lebih baik pilih yang mana untuk koneksi email dengan outlook, jadi pada dasarnya IMAP dan POP3 hanya sebuah perbedaan sambungan protokol saja, inti dari kegunaan semua dapat mengirim dan menerima email, berikut ini perbedaan POP3 dan IMAP.

1. IMAP itu apa?

Internet Message Access Protocol atau yang kita kenal dengan singkatan IMAP, sebuah teknologi protokol yang digunakan untuk mengakses email secara remote yang ada di mail server, dengan menggunakan software seperti outlook dan sebagainya, agar dapat menerima dan mengirim email dari mana saja dan berbagai perangkat, selama masih ada koneksi internet email tersebut bisa anda baca melalui remote.

Jadi pada dasarnya jenis koneksi IMAP itu menyimpan email anda pada server tanpa harus didownload ke software email client atau outlook terlebih dahulu untuk membacanya. Memberikan tingkat keamanan seperti ada kejadian rusak hardware pada komputer anda maka email tersebut tidak akan ikut hilang karena masih ada didalam mail server tersimpan dengan baik.

2. POP3 itu apa?

Post Office Protocol version 3 yang umum dikenal POP3, dari segi kerja sama saja dengan IMAP sebuah jenis jaringan protokol yang dapat memberikan akses ke mail server untuk menerima dan mengirim. Software yang digunakan untuk clientnya sama saja seperti IMAP bisa dengan outlook dan lainnya.

Perbedaanya jika anda menggunakan jenis koneksi protokol POP3 adalah cara kerjanya seperti seluruh pesan masuk pada server maka akan didownload terlebih dulu ke perangkat yang anda gunakan sebagai client, seperti PC atau perangkat mobile.

Sehingga ketika anda membuka email melalui web mail maka kosong karena didownload oleh outlook, jadi anda tidak bisa melihat email dari mana saja lantaran sudah di download, tapi jangan khawatir karena email yang belum sempat ketarik maka masih ada di web server.

Jadi kesimpulan dari perbedaan IMAP dan POP3 adalah

IMAP dapat diakses dari mana saja dengan perangkat yang berbeda, tapi sebaliknya jika POP3 dapat diakses melalui satu perangkat saja karena bila anda sudah membuka outlook dengan settingan POP3 maka email yang ada di server sudah didownload oleh outlook, itu yang membuat anda tidak bisa membuka dari tempat lain.

IMAP mengakses email secara real time, sedangkan POP3 mendownload terlebih dahulu email yang masuk sebelum anda baca. IMAP hanya mencopy email yang masuk dari server tanpa menariknya, menjadikan anda bisa membuka dari tempat lain karena email masih ada di server.

Saat tidak ada jaringan internet anda tidak dapat membaca email yang ada di outlook, sedangkan POP3 ada tetap bisa membuka email karena sudah didownload sebelumnya bahkan membalas email yang akan otomatis terkirim jika anda tersambung dengan koneksi internet.

Baca juga; Tips Memilih Lokasi Server Hosting Untuk Blog

Terus lebih baik mana IMAP atau POP3

Semua itu kembali lagi kepada kebutuhan, jika kita seorang yang banyak kegiatan dan berpindah tempat maka anda bisa menggunakan jenis protokol IMAP, karena data email yang berada di server bisa anda akses dari mana pun.

Sedangkan koneksi protokol POP3 lebih cocok digunakan untuk anda yang hanya menggunakan satu perangkat saja misal di kantor dan komputer rumahan, email juga bisa diakses secara offline karena seluruh datanya sudah tersimpan di hardisk lokal komputer tersebut.

Dengan artikel ini anda sudah dapat membedakan dan mengambil keputusan mau menggunakan protokol yang mana, karena dari keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.