Logika SEO Untuk Trending di Youtube Seperti Video Beli Ikan Cupang

Logika SEO Untuk Trending di Youtube Seperti Video Beli Ikan Cupang

Posted on

Sejak kemarin video milik Fikrifadlu menjadi tranding nomor 1 di youtube dengan judul video Diwan Beli Ikan Cupang, saya sendiri masih bingung tentang logika algoritma youtube yang menjadikan video tersebut malah trending dibandingkan Sidang Makamah Agung yang sedang berlangsung.

Saya pribadi mengamati apa yang dilakukan oleh creator ini apakah menanam kata kunci bagus, atau juga menggunakan judul yang relevan dan mengandung kata kunci, apakah karena thumbnail yang menarik sehingga banyak orang yang penasaran buat nonton?

Semua masih jadi pertanyaan untuk saya pribadi, mungkin juga pembaca sebagai seorang creator video dan penasaran, jujur ini mesti dipelajari tidak semua video bisa trending di youtube, walaupun anda memiliki subscriber jutaan.

Logika SEO Untuk Trending di Youtube Seperti Video Beli Ikan Cupang

Menurut beberapa youtuber SEO mengatakan bahwa alghoritma yang dimiliki youtube harus di pelajari dan diikuti misal membuat judul yang relevan dan mengandung kata kunci, kemudian deskripsi harus diisi dengan menceritakan apa yang terjadi pada video tersebut dengan relevan.

Akan tetapi ini ceritanya lain dengan Video milik channel Fikrifadlu, saya lihat dari deskripsi tidak menunjukan detail isi video tersebut berarti secara ilmu seo tidak masuk, kemudian judul yang mengandung kata kunci, dalam video tersebut justru judul yang sederhana dan kata kunci itu cuma ada di Beli Ikan Cupang, tidak ada kunci lainnya selain itu.

Dilihat lagi dari penggunaan TAG yang biasa youtuber tutorial bilang bahwa penggunaan TAG adalah penting untuk menunjang keberhasilan video di mesin pencarian youtube, tapi kenyataannya lain melihat video milik Fikrifadlu justru tidak menggunakan TAG, kok bisa?

Ok sampai sini saya sudah mualai memutuskan bahwa algoritma youtube asli susah buat ditebak, dan saya memiliki pemikiran lain apa penyebab video yang berdurasi 4.41 menit ini menjadi trending, kemungkinan yang terjadi adalah efek dari subscribernya yang dimiliki chanel Fikrifadlu mayoritas anak-anak seusia Diwan? Jangan salah potensi menonton video sampai selesai itu adalah pada umuran Diwan, ketika mereka sudah suka maka akan selalu setia.

Kesimpulan dari artikel Logika SEO ini saya buat menurut analisa pribadi dan mungkin saja tidak benar ini hanya pendapat saja, semoga anda yang sedang membangun channel dan menginginkan posisi video anda trending seperti milik Fikrifadlu yang ditonton 2.898.318 kali saat persis artikel ini saya buat.

Jadi intinya keberhasilan video bukan dilihat dari bagusnya judul yang mengandung kata kunci, kemudian menggunakan deskripsi yang relevan dengan video yang di tayangkan dan menggunakan TAG yang fungsinya membantu youtube untuk mengklompokan video yang di upload.

Anda punya pemikiran lain atau sependapat dengan saya? Boleh ceritakan lewat komentar..