Mata Uang Digital Milik Facebook Kabarnya Meluncur Tahun Depan

Mata Uang Digital Milik Facebook Kabarnya Meluncur Tahun Depan, Apa Benar?

Posted on

Katanya Facebook dikabarkan sedang menyusun rencana, peluncuran Cryptocurrency atau yang biasa kita kenal uang digital, facebook sebagai perusahaan besar media sosial dikabarkan akan meluncurkan mata uang digital di berbagai negara pada tahun 2020.

Dikutip dari detikNet, mata uang ini secara internal katanya bernama GlobalCoin. Kabarnya facebook akan melakukan uji coba GlobalCoin diakhir tahun ini.

Mata Uang Digital Milik Facebook Kabarnya Meluncur Tahun Depan, Apa Benar?

Pihaknya sedang merinci pada musim panas ini. Perusahaan media sosial buatan Mark Zuckerberg ini sudah melakukan diskusi bersama institusi Bank Of Englan dan juga kementrian keuangan Amerika Serikat untuk membicarakan regulasi dan resikonya terkait CryptoCurrency ini.

Perbincangan juga dilakukan dengan perusahaan pengiriman uang seperti Western Union, dalam pembicaran ini berisi mencari cara yang lebih mudah, cepat untuk orang-orang yang tidak memiliki rekening bank buat mengirim dan juga menerima uang.

Dari pihak yang lain juga Facebook melakukan diskusi dengan beberapa e-commerce adanya lobi agar pihaknya mau menerima pembayaran menggunakan GlobalCoin dijadikan alat pembayaran. Mata uang digital milik facebook ini akan terikat dengan uang convensional seperti Dolar AS, Euro dan Yen untuk menjaga nominalnya tetap stabil.

Facebook sendiri akan menghadapi tangtangan sebelum meluncurkan GlobalCoin tersebut, Apalagi biasanya dengan Regulasi dari berbagai negara. Ambil contoh India, yang memang disebut menjadi terget salah satu negara yang akan disambangi GlobalCoin, yang baru-baru ini meperketat aturan mata uang digital.

Kabar seperti ini dari Facebook bukan pertama kalinya, sudah lama menggeluti industri mata uang digital. Menurut sumber detikNet sudah 10 tahun yang lalu kalo Facebook meluncurkan mata uang digital yang dulu disebut Facebook Credit. Tapi sayangnya proyek tersebut dihentikan dari dua tahun berjalan setelah diluncurkan katanya karena tidak populer.