Memanfaatkan Tik Tok Untuk Bisnis

Memanfaatkan Tik Tok Untuk Bisnis

Posted on

Dalam dunia bisnis online sesuatu yang wajib untuk diikuti setiap perkembangan yang ada seperti saat ini, seperti aplikasi tik tok saat ini yang terbilang viral pada akhir tahun 2019 hingga 2020 tik tok lebih kuat lagi sepertinya.

Aplikasi Tik Tok banyak digandrungi remaja hingga dewasa dan rata-rata umur pengguna aplikasi ini berumur kisaran 24 tahun, apakah ini target pasar anda? Bila iya maka ini adalah kesempatan bagus untuk mengembangkan bisnis anda lebih maju lagi dengan memanfaatkan tik tok sebagai sarana promosi bisnis anda.

Aplikasi yang sempat dibilang alay ini ternyata berbalik beberapa kali derajat karena banyak orang yang sudah diuntungkan dari aplikasi yang sudah pernah di blokir oleh pemerintah ini.

Tik tok mirip dengan aplikasi lainnya yang tidak bisa cocok dengan segala bentuk bisnis, tapi ada beberapa bisnis yang cocok untuk dipromosikan melalui platform video pendek ini. Memperkenalkan produk melalui Tik Tok sangat bisa anda lakukan pada pengguna usia-usia remaja, tapi syaratnya seperti biasa harus punya pengikut dulu tentunya.

Berikut ini cara memanfaatkan Aplikasi Tik Tok untuk bisnis.

1. Kenali Tik Tok lebih dalam agar maksimal

Sebenarnya hal ini dilakukan bukan saja pada tik tok, semua aplikasi yang bisa anda manfaatkan untuk bisnis ada baiknya untuk dipelajari lebih dalam karakternya hingga cara penggunaan yang benar seperti apa.

Ada keuntungannya jika anda mampu mengenali karakteristik aplikasi yang akan anda gunakan untuk dijadikan tempat promosi produk, karena jika tidak dipahami maka khawatir akan ditinggalkan oleh pengikut anda karena kesalahan yang bisa saja anda lakukan disana.

Dengan memahami jenis konten dan cara berinteraksi dengan pengguna maka iklan yang anda buat masuk secara alami.

2. Membuat Video yang menyenangkan

Sepertinya di tik tok konten jenis ini akan selalu disukai pengguna, pasalnya sejauh saya kenal dengan aplikasi ini tepatnya sarana orang untuk bersenang-senang mungkin karena video yang di unggah juga terlalu pendek dan memang tik tok adalah aplikasi hiburan.

Keterampilan editing juga tidak terlalu berpengaruh disini hanya saja dibutuhkan video yang sangat menarik, dalam pembuatan konten yang menarik tetapi tidak lepas dari promosi adalah coba anda campur ide dan produk dengan apik usahakan lebih spesifikasi ke produknya namun ingat jangan terlihat bahwa itu video tersebut adalah iklan.

3. Tik Tok juga perlu hastag untuk optimasi

Agar manfaat tik tok terasa untuk bisnis anda, maka lakukan pembuatan hastag bisnis misal #kaosremaja seperti itu, ketika anda mengikuti challenge hastag maka jangan lupa untuk sisipkan hastag milik kita juga, ya dalam prakteknya tidak jauh berbeda dengan youtube, instagram dan twitter.

Intinya cara ini untuk mendorong agar lebih banyak lagi interaksi yang anda dapatkan, kemudian video yang anda buat juga akan mudah ditemukan ditumpukan jutaan konten lainnya.

4. Cantumkan ID Tik Tok

Nah menurut saya fenomena seperti ini kambuh lagi, dulu hampir setiap kartu nama ada nick name twitter, seperti contohnya pembawa acara televisi dan publik figur yang lainnya. Tapi semua itu sudah berubah menjadi nick name IG yang hampir seluruh menggunakan itu.

Begitu juga untuk mengoptimasi bisnis anda melalui tik tok, bisa anda tempelkan di nota, kartu nama dan lainnya. Cara ini berguna agar akun tik tok yang anda miliki mudah diingat oleh orang hal ini akan memberikan paling tidak sedikit dampak yang positif bagi kelancaran berkomunikasi anda dan pelanggan.

5. Memanfaatkan Iklan Berbayar Tik Tok

Dulu memang semua aplikasi sejenis ini tidak ada iklannya, ketika dirasa penggunanya semakin solid dengan jumlah yang banyak tentunya perusahaan tidak akan tinggal diam pasti akan menjadikan aplikasi besutannya itu mesin uang yang selalu jalan seiring dengan perkembangan model iklan saat ini.

Iklan itu membantu usaha anda menjangkau banyak lagi calon pelanggan, jangan berfikir tanpa dikenal orang pun sudah laku, jelas konsep seperti itu kurang tepat karena ibarat orang kadang kalau tidak diingatkan akan lupa, seperti itulah tujuan dari iklan berharap orang-orang mudah mengingat produk yang anda jual.

Jika jenis usaha yang anda kembangkan adalah segmen anak muda maka tik tok adalah aplikasi yang tepat untuk anda singgahi menjadi tempat berpromosi, kemudian untuk memaksimalkan konten anda link video yang menarik jangan lupa untuk dishare di media sosial yang lain.

Baca Juga: Alasan Kenapa TikTok Makin Populer di 2020

Kesimpulan

Aplikasi Tik Tok membutuhkan orang-orang yang tidak pemalu, karena disana harus memiliki mental yang cukup kuat, bukan hanya malu didepan kamera dan anda melakukan sesuatu yang mungkin dianggap merasa aneh sendiri. Terkadang perilaku konyol harus dilakukan di tik tok, dari hampir semua video yang viral adalah perilaku yang mampu menghadapi berbagai hal dari malu hingga ditertawakan banyak orang.

Tapi itulah Tik Tok aplikasi yang saat ini sedang menjadi tempat dimana orang-orang berekspresi secara alami belum terdorong soal monetisasi, untuk kedepannya apakah masih alami seperti itu? Kita lihat perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *