Membuat Video itu Gampang yang Susah Ide Kontennya
Photo by Trevor Brown on Unsplash

Membuat Video itu Gampang yang Susah Ide Kontennya

Posted on

Ada yang suka disebut konten kreator video ada juga yang lebih suka dengan sebutan Youtuber, entah keduanya ini memiliki kesamaan atau kah memang berbeda, pernahkah anda bermimpi menjadi seorang yang terkenal karena konten yang anda buat di Youtube?

Tentu tidak sedikit yang mengebu-gebu ingin menjadi salah satu diantara mereka yang terkenal di situs berbagi video besar Youtube, membuat video itu bisa dibilang gampang yang susah adalah mencari ide untuk video yang akan dibuat.

Banyak kasus di youtube yang dilakukan oleh pemula maupun yang sudah profesional yaitu Reuploader, bagi yang masih pemula tentunya akan mengunggah ulang video tersebut 100% tanpa ada editan, tapi bagi profesional akan melakukan sedikit modifikasi agar video tidak terkesan dapat mengambil dari tempat lain.

Kenapa mencari Ide untuk Video itu susah?

Alasannya tidak ada lain, karena di Youtube hampir semua ada, itu yang membuat konten kreator akhirnya mengambil jalan pintas, misal melakukan reuploader dan mengeditnya.

Sama halnya dengan Blogger, suasana hati yang menggebu ingin menjadi blogger tapi apa daya semua obrolan menarik hampir sudah di tulis oleh orang-orang yang lebih dulu, yang akhirnya pemula melakukan jalan pintas juga dengan cara spin artikel copas dan sebagainya, ingin dibilang blogger tapi tidak nulis.

Mengutip sebuah artikel dari Kompas.com pada tahun 2018 yang menunjukan statik pengguna yang terdaftar mencapai 1,5 miliar yang tersebar diberbagai negara. Dan setiap menitnya bisa sampai 400 jam Video yang diupload ke situs Youtube, dengan kisaran 576.000 jam per hari.

Alasan itu juga yang membuat kesusahan mencari idenya, apa ada resikonya jika kita melakukan reuploader, tentu banyak resiko yang harus dihadapi seperti teguran dari pemilik hak cipta, karena konten kreator dapat melihat video mana dan siapa yang uplode ulang itu tau, kemudian video tersebut bisa di delete dari channel kita sesuka kreatornya.

Dengan alasan membuat video itu gampang yang susah ide kontenya, apa kah kita masih bisa menjadi seorang kreator yang mampu bersaing dengan yang lain?

Tentu saja siapapun berhak mengabulkan keinginannya dengan syarat-syarat berikut ini:

1. Buat channel dengan konten yang anda kuasai

Dari poin ini saja tentunya ada pertanyaan, tapi yang materi yang dikuasai sudah banyak di Youtube, tenang ibarat radio seburuk-buruknya radio tersebut tetap masih ada yang mendengarkan. Buat saja konten yang anda kuasai seperti konten hobi, keterampilan atau apa saja yang dikuasai agar tidak cepat bosan dan ringan membuatnya.

Lalu bagaimana dengan persaingan yang banyak itu? Tenang selama orientasi kita kepada kemajuan bukan uang dulu saya yakin anda akan tetap semangat, hal ini pengalaman pribadi tentu pengalaman banyak orang diluaran sana.

2. Ikuti peraturan komunitas pengguna

Dalam poin ini yang sangat wajib kita patuhi, karena berpengaruh besar terhadap perkembangan channel kita, orang yang melanggar peraturan komunitas akan mendapat teguran bahkan terkena pinalti suspand. Pelanggaran dimaksud adalah menggunakan karya orang lain yang anda akui itu milik anda (reuploader), menggunakan musik yang tidak boleh di gunakan ulang karena hak cipta, kemudian komentar spam dan menggunakan teknik nakal lainnya.

Karena mendapat ide konten itu susah makannya banyak orang yang melanggar peraturan komunitas tadi, ide boleh saja mengambil milik orang lain tapi isinya harus berbeda  dan itu masih layak dibilang kreatif. Sah saja misal anda mengambil sebuah ide dari youtuber lain yang mana keperluannya untuk kita lengkapi dan memberikan penjelasan dengan cara yang berbeda.

3. Konsisten

Hanya dengan cara satu ini kita dapat mengembangkan berbagai ide yang sudah ada di Youtube, dengan konsisten juga dapat mengasah kemampuan yang kita miliki menjadi lebih matang.

Keuntungan lainnya dengan kita konsisten penonton anda akan loyal, apa lagi dalam video yang anda berikan selalu memberikan nilai lebih, seperti menghibur, mendidik dan bermanfaat. Bagi saya selagi konten kita bermanfaat maka orang akan selalu mengikuti channel anda dengan cara subscribe.

Anda bisa pelajari dan jalankan tiga poin diatas ini, untuk mengembangkan atau panduan untuk memulai terjun di dunia konten kreator.

Ide bisa datang dari mana saja, dari komentar orang lain saja sebenarnya bisa kita jadikan sebuah konten sebagai contohnya artikel yang anda baca ini bersumber dari sebuah pertanyaan atau ungkapan “Membuat video itu mudah, yang susah mencari Ide kontennya”.

Semoga bermanfaat.