Mengenal Apa itu Anchor Text dan Cara Membuat Anchor Text

Mengenal Apa itu Anchor Text dan Cara Membuat Anchor Text

Posted on

Seorang pemilik blog dipastikan belajar ilmu SEO, sedikitnya mereka akan mencari tau teknik-tekniknya karena blog dengan SEO bisa dikatakan satu kesatuan yang tidak boleh terlewatkan, kendati beberapa blogger juga tidak begitu mementingkan SEO.

Pada artikel kali ini mas rival ingin bahas apa itu Anchor Text dan juga cara membuatnya, apa diantara pembaca sudah tau dengan teknik seo ini? Oke, buat yang belum tau tentang ini mari kita bahas disini agar bisa lebih mengoptimalkan perkembangan blog yang anda kelola.

Dari sekian banyak strategi SEO, Anchor Text salah satu yang mungkin banyak terlewatkan, padahal menurut para pakar seo Anchor Text merupakan bagian penting dalam mengoptimasi blog. Jika saat ini anda sudah mulai serius menggeluti sebagai profesional blogger maka mulai perhatikan Anchor Text pada blog yang anda kelola saat ini.

Semoga dengan artikel ini bisa membantu anda lebih memahami apa itu Achor Text dan Cara Membuat Anchor Text, mari simak ulasannya:

Apa itu Anchor Text?

Anchor Text sebenarnya sudah sering anda lakukan, kenapa sudah anda lakukan karena aslinya Anchor Text itu adalah berisi tautan yang dapat klik. Pada sebuah template yang dipakai biasanya berbeda ada yang merubah Teks berisi tautan menjadi berwarna atau memiliki garis bawah. Gampangnya yang sudah umum diketahui Anchor Text adalah link yang berada di dalam artikel.

Mengapa Anchor Text itu penting?

Jawabannya karena google mengandalkan Anchor Text untuk mengetahui semua informasi yang berada pada blog anda, dan Google juga menganggap anchor text adalah bagian dari deskripsi sebuah konten. Semakin banyak pengunjung yang merujuk pada suatu artikel relevan dengan yang dicari oleh pengguna internet, maka mesin pencari akan memberikan ranking pada artikel tersebut.

Dulu sekitar tahun-tahun 2000an, google menyukai adanya anchor text dan dianggap mampu mendeskripsikan halaman secara tepat dibandingkan dengan halaman itu sendiri. Keberadaan achor text juga diandalkan untuk menampilkan sebuah halaman yang belum terindex oleh mesin pencari.

Tapi sayangnya hal ini juga dimanfaatkan hal-hal yang tidak relevan dengan apa yang pengguna internet cari, misalnya seorang online marketer menaruh ancor text dan memberikan kata kunci yang banyak untuk menarik perhatian mesin pencari google agar menempati posisi teratas.

Dengan adanya perilaku seperti itu keluarlah algoritma baru bernama Google Penguin pada tahun 2012, algorima ini dibuat untuk mengurangi blog yang berbuat curang dari mesin pencarian dan memerangi spam. Adanya algoritma Google Penguin memaksimalkan pencarian konten yang relevan agar bisa muncul pada mesin pencarian google.

Ini pentingnya memahami anchor text bekerja, bagi seorang blogger harus menganggap bagian ini adalah unit dari ilmu SEO, karena keberadaan achor text memberikan dampak pada sebuah konten dimata mesin pencarian karena memberi dukungan seberapa relevan sebuah artikel.

Anchor Text sendiri memiliki berbagai macam

1. Branded

Anchor Text yang berisikan merk atau brand sebuah perusahaan, dan jenis anchor text jenis ini juga aman digunakan, asal sayaratnya ditepati misal saya buat anchor text blog saya sendiri seperti saya menautkan link dan merk blog saya sendiri. Banyak pemerhati seo mengatakan hal ini tidak disarankan, menyebut pada anchor text pada blog kita sendiri tanpa adanya konten yang spesifikasi.

Contoh kode:
<a href=”https://www.masrival.com”>MasRival.Com</a>

2. Generic

Rupa dari jenis anchor text generik umumnya seperti ini “Order di Sini”.

Contoh Kode:
<a href=”https://www.masrival.com/kontak/order-barang.html”>klik di sini</a>

3. Exact-match

Anchor text jenis ini adalah dilengkapi dengan kata kunci dengan contoh berikut.

Contoh Kode:
<a href=”https://www.masrival.com/pengertian-dari-blogging-adalah/”>Pengertian dari Blogging adalah</a>

4. Partial-macth

Hampir sama seperti nomer 3 namun anchor text jenis ini memodifikasi dari url yang terlampir berikut contohnya.

Contoh kode:
<a href=”https://www.masrival.com/menggunakan-vpn-gratis-apakah-berbahaya/”>Mencari VPN gratis 2019</a>

5. Naked Link

Anchor text jenis ini memperlihatkan lang link tautanya seperti contoh dibawah ini.

Contoh kode:
<a href=”https://www.masrival.com/category/seo/”>https://www.masrival.com/category/seo/</a>

Nah, itulah beberapa contoh pembuatan anchor text yang tergolong sudah biasa dilakukan seorang blogger untuk memperkenalkan isi dalam blognya. Memberikan anchor link pada sebuah artikel harus memiliki batas kewajaran agar tidak menyalahi aturan algoritma.

Menggunakan Anchor Text yang efisien

Informasi yang didapat oleh pengguna internet dan juga mesin pencari, fungsi utama dari anchor text maka dari itu menggunakan anchor harus secara bijak dan efisien. Mencari kata kunci yang tepat untuk mendeskripsikan artikel yang nantinya di rujuk. Jelasnya gunakan anchor text pada artikel yang kata-katanya mengandung kata kunci yang sama dengan judul konten sebelumnya pasang link yang mengarah kepada artikel tersebut.

Membuat tautan yang relevan

Misal dalam satu artikel memasang achor text yang merujuk pada sebuah artikel, maka jika tidak dilakukan dengan baik jika salah akan mengakibatkan pengunjung menutup halaman dengan cepat, yang akan menimbulkan bounce rate yang semakin tinggi.

Kesimpulan dari artikel kali ini, anchor text adalah bagian dari unit SEO yang paling sering dilewatkan, padahal strategi semacam ini sangat mudah dilakukan, dengan artikel ini saya harapkan bisa menambah lagi ilmu yang anda miliki tentang strategi seo, demi kemajuan blog yang anda kelola.

Silakan di share jika ini bermanfaat, tinggalkan komentar jangan lupa.

Terima kasih salam Blogger…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *