Mengenal Cara kerja Google Penelusuran

Mengenal Cara kerja Google Penelusuran

Posted on

Google Search Engine atau yang biasa dikenal dengan pencarian google, sebuah web yang menyediakan alat untuk mencari berbagai hal yang kita inginkan, hanya dengan ketik kata kunci kemudian ok maka semua yang terkait anda cari akan di tampilkan.

Cara kerja mesin google penelusur itu, bila kita ibaratkan adalah sebuah pintu ruangan yang didalamnya ada pelayan yang siap melayani anda ketika mencari yang anda inginkan dalam ruangan tersebut. Google akan memberikan seakurat mungkin dengan kata kunci yang kita sebutkan.

Jika tidak ditemukan yang anda cari, google akan memberikan rekomendasi beberapa yang mendekati yang anda cari. Misal kita mencari “kucing kecil berwarna hitam lucu” bila tidak ada yang kita cari maka google akan menampilkan kategori kucing kecil yang mendekati kata kunci itu.

Dari mana Google mendapatkan informasi tersebut?

Google hanyalah sebuah robot atau mesin yang diciptakan manusia untuk mengumpulkan berbagai data yang ada di internet, namun tidak semua google mengambil informasi tersebut karena robot google juga dapat di cegah agar tidak mengindex website kita.

Setiap hari entah jam berapa tidak ada yang tau Google akan melakukan pencarian konten-konten yang akan diindex kedalam database, menjadikan Google adalah sebuah perpustakaan dunia yang mampu memberikan yang anda perlukan.

Google mencari informasi dengan metode crawling dari miliaran situs web yang ada di internet menjadikan pengarsipan terpusat, seluruh halaman web yang diperbolehkan untuk di rayapi maka seluruh konten termasuk link dan piranti lainnya dan mengirimkannya ke server google.

Bisa tonton video ini https://www.youtube.com/watch?v=BNHR6IQJGZs

Google Penelusur akan mencocokan setiap kata kunci yang anda input.

Agar mendapatkan hasil pencarian yang relevan maka google penelusur akan mencocokan setiap kata kunci yang anda ketik, jadi tidak menampilkan secara acak, ia akan menunjukan temuannya dari yang cocok hingga mendekati cocok.

Ada dua model yang ditampilkan oleh Google penelusur, yang paling pertama biasanya hasil yang ditampilkan adalah link sponsor yang diikuti hasil pencarian organik.

Tapi tidak semua kata kunci relevan akan ditampilkan pada halaman pertama Google, tentu ada alasannya karena Google akan mencari hasil yang paling relevan dan jelas menurut Google, yang menjadikan sesuatu yang serupa belum tentu akan ditampilkan pada halaman pertama.

Hal tersebut dibatasi oleh peringkat yang dihasilkan oleh algoritme Google sendiri, kita bisa bayangkan jika google tidak memilah dengan algoritme maka hasilnya mungkin tidak beraturan.

Dari miliaran halaman web yang diindeks oleh Google akan dipilah sesuai dengan kategori dan pemilahan tersebutlah yang hasilnya relevan dan berguna untuk pengguna yang mencarinya.

Mesin penelusur Google tidak hanya untuk mencari tapi mampu memperbaiki.

Hal kecil yang google sering lakukan akan memperbaiki kata-kata yang maksudnya salah, secara otomatis google akan mengusulkan kata yang benar.

Apa google bisa bekerja tanpa penyedia konten?

Google terkenal pintar karena hasil-hasil pencarian yang disuguhkan dapat menjawab pertanyaan pengguna, namun Google penelusur tidak akan bisa bekerja tanpa ada konten-konten di Internet yang dikumpulkan.

Begitu juga sebaliknya pembuat konten tidak akan bekerja tanpa ada mesin penelusur google, dari situlah konten yang kita buat dapat dengan mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Baca juga; Optimalkan Bisnis Dengan Belajar SEO Lokal

Begitulah kurang lebihnya saya ringkas agar lebih mudah anda pahami bagaimana cara kerja mesin penelusur google bekerja.