MasRival.Com

Mengenal OS CloudLinux, Keunggulan Untuk Server Hosting

Source gambar :CloudLinux.com

Bagi seorang administrator hosting pasti sudah tau apa itu CloudLinux, tapi bagi pengguna hosting juga wajib tau karena banyak provider hosting yang menawarkan bahwa layanan yang di jual menggunakan teknologi tersebut.

Jadi CloudLinux adalah salah satu OS yang paling unggulan untuk di gunakan sebagai server hosting di dunia saat ini. Artikel kali ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai apa itu cloudlinux, dan fitur apa saja yang ada di dalamnya.

Apa itu CloudLinux?

Cloudlinux sebenarnya sebuah operasi sistem yang memiliki basis atau dasar CentOS, jadi ada yang membedakan dengan OS lainnya yaitu mempunyai LVE singkatan dari Lightweight Virtualized Environment, karena cloudlinux ini di khususkan untuk pengguna provider hosting maka LVE, berfungsi untuk membuat ruang virtual bagi masing-masing akun yang terdapat di dalamnya.

Seperti yang anda lihat pada cPanel misalnya di sana ada informasi pembatasan resources, itu salah satu keunggulan dari OS ini.

Source gambar: CloudLinux

Kenapa harus CloudLinux?

Jika anda seorang administrator sebuah server hosting maka mengetahui betul bahwa di dalam server yang konvensional tidak ada pembatasan dalam pemakaian tenaga server dari masing-masing akun yang berada di dalamnya.

Sebelum hadirnya CloudLinux beberapa masalah terjadi, karena performa server bisa saja habis terkuras oleh beberapa akun saja padahal dalam satu server misal memiliki 200 akun, kemudian habis tenaganya terkuras hanya karena 25 akun. Masalah yang timbul dari penggunaan CPU, query MySQL, dan IO Disk berlebih (over).

Jika masalah ini timbul maka akun yang pemakaiannya berlebihan akan di suspand oleh admin, jelas dari sisi user tidak akan nyaman dengan tindakan tersebut. Maka semua itu akan di tangani dengan baik oleh cloudlinux dengan sistem ruang Virtual bagi seluruh akun yang berada di server.

Dengan menggunakan CloudLinux, hal-hal yang sudah di ulas tadi tidak akan terjadi lagi, karena jika ada salah satu user yang over load maka tidak akan mempengaruhi pengguna lain, dan enaknya lagi semua akan terlimit otomatis jadi tidak perlu di suspand.

Apa yang terjadi jika akun tersebut masuk batas limitasi apakan domain masih bisa di akses?

1. Biasanya situs tersebut lemot buat di buka.
2. Peringatan Gateway Error 504
3. Peringatan Internal Error 500
4. Service Unavailable 503/508

Jika mendapati peringatan error tersebut berarti penggunaan resources yang di miliki akun anda sudah mentok, periksa di dalam cPanel untuk memastikan.

Baca juga Server VPS itu Untuk apa Sih

Kesimpulan

Penggunaan OS CloudLinux memberikan banyak pengaruh untuk server hosting, dari mulai kesetabilan, keamanan dan yang lagi bahwa anda selaku user bisa memilih versi PHP dengan mudah, memonitoring kinerja website melalui cPanel, sehingga ketika melihat peningkatan trafik pengunjung yang mempengaruhi performa layanan dengan begitu bisa mengambil keputusan untuk upgrade layanan yang lebih tinggi lagi.

Exit mobile version