Mengenal Apa itu Web Phising dan Penipuan

Mengenal Apa itu Web Phising dan Penipuan

Posted on

Dulu web phising dan Penipuan melalui web sangat marak sekali, namun dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sudah banyak di serap oleh masyarakat akhirnya phising atau web penipuan sudah semakin jarang ditemui, bercerita waktu dulu sebelum ada pesan singkat selain SMS, biasanya pelaku menggunakan pesan melalui SMS, dengan memberikan penjelasan bahwa calon korban mendapatkan hadiah undian dan sebagainya contoh nya seperti ini.

Contoh Penipuan dengan Metode SMS dan Website:

SHOPPE GRANDPRIZE!! Selamat!!
anda adalah pemenang JUTAWAN SHOPEE
mendapatkan hadiah Rp.175jt
dengan kode ID: (b8337hq)
info lebih lanjut klik
www.bit.ly/ewexxxxx

Biasanya pesan berisikan seperti itu yang dikirimkan oleh penipu untuk meyakinkan anda dengan memberikan nomer ID dan link situs website mereka agar korban tidak curiga maka menggunakan bit.ly agar tidak terlihat alamat aslinya.

Ketika ditelusuri kebenarannya ternyata mengarah kepada salah satu platform untuk membuat blog gratis milik blogger.com yang disalahgunakan buat mencari keuntungan dengan cara menipu orang masih awam. Bagi yang sudah mengerti maka akan diabaikan pesan tersebut tetapi bagaimana jika SMS itu sampai kepada orang yang belum mengerti teknologi semua kebohongan itu akan di anggap benar.

Ketika korban sudah berada suatu halaman atau web palsu yang mereka buat dengan nama domain dan sub domain abal-abal, maka calon korban akan disuguhi beberapa foto orang-orang yang populer seperti dari pemda, kepolisian bahkan sampai presiden dan juga testimonial bohongan yang menyatakan sudah menerima hadiahnya untuk meyakinkan korban.

Saran setelah anda melihat tanda-tanda berikut baiknya anda tinggalkan dan abaikan saja, karena tidak ada acara resmi yang memberikan informasi panting terkait menggunakan metode SMS kemudian diarahkan ke salah satu website gratisan kemudian banyak pernak-pernik untuk yang tidak wajar maka itu web palsu.

Mengenal website phising

Website phising biasanya digunakan oleh pelaku untuk mencuri data sensitif seperti user name dan password korbannya dengan cara memancing agar calon korban mau memasukan User dan Pasword pada web atau halaman yang dibuat mirip dengan aslinya.

Masih ingat dengan phising yang beredar waktu itu? Phising yang disebar melalui salah satu media sosial yang berisikan cuplikan video atau gambar yang mengundang penasaran orang untuk mengetahui lebih jauh.

Contohnya seperti ini:

Ada link berisi gambar konten dewasa atau pancingan lainnya yang mengundang selera dengan sisipan kata-kata “Ayo buruan klik dan tonton videonya sebelum dihapus” agar ada kesan konten tersebut tidak akan lama dan jika anda tidak cepat maka tidak akan kebagian untuk melihat.

Setelah anda tertarik untuk klik link yang disebar itu, anda akan diarahkan pada satu tampilan meminta anda untuk memasukan username dan password facebook atau yang lainnya dan ini sebagai syarat agar anda bisa menonton video tersebut.

Kemudian anda memasukan user dan sandi dengan benar maka tidak akan ada apa-apa selain user dan sandi anda sudah tercatat pada datebase mereka untuk kepentingan meretas/menguasai akun sosial media anda.

Tidak hanya dengan metode itu website phising saja melainkan dengan cara seperti penjelesan berikut:

Metode yang digunakan adalah website yang menyerupai aslinya mirip sekali namun palsu misal anda ingin masuk pada akun media sosial facebook namun dan ada website phising yang menyerupai seperti facebook, maka apa yang akan terjadi jika anda terlanjur login pada website tersebut? Imbasnya sama dengan poin pertama ya itu kehilangan akses facebook anda.

Saran untuk mengenali wesite phising dengan cara ini:

Poin pertama jika ada tautan dengan tulisan misal “ayo tonton sebelum dihapus” kemudian diklik dan terbuka halaman yang meminta anda login dengan user akun media sosial baiknya jangan anda lakukan, tapi bagaimana jika tetap penasaran? Boleh anda masukan dengan asal saja jangan memberikan informasi yang sesungguhnya, pada intinya jangan anda ikuti perintahnya.

Saran untuk mengenali Website phising:

Poin kedua ini yang di uji adalah ketelitian anda misal mau masuk ke facebook, alamat yang benar milik facebook itu kan seperti ini https://facebook.com dan ada gambar gembok pada domain tersebut. sedangkan yang palsu misal seperti ini https/http://www.faceebook.com seklikas mirip namun jika anda teliti anda tidak akan menjadi korban, apa kira-kira perbedaan domain asli sama yang palsu?

Dengan adanya artikel ini semoga pembaca mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan sebar saja kepada kerabat dekat, teman dan keluarga tercinta agar tidak menjadi korban.