Menggunakan VPN Gratis Apakah Berbahaya

Menggunakan VPN Gratis Apakah Berbahaya?

Posted on

VPN singkatan dari Virtual Private Network yang bisa di kategorikan sebuah jaringan yang memiliki sifat pribadi, kenapa dibilang pribadi soalnya begini ketika kedua orang katakan lah begitu, mau bertukar data melalui internet maka jika jaringan yang mereka pakai dengan VPN berarti mereka melakukan koneksi secara private.

Gamapangnya begini saja ya, saya gambarkan bahwa VPN itu sama dengan Firewall komputer yang ada pada leptop, atau dekstop untuk melindungi dari kejahatan online.

Koneksi yang menggunakan vpn dianggap jalur yang aman dibandingkan dengan koneksi internet biasa, memang begitu tapi tau tidak kalo VPN masih memiliki beberapa kekurangannya apalagi misal menggunakan VPN gratisan.

Apakah Menggunakan VPN Gratis Apakah Berbahaya?

1. Keamanan Data

Data yang anda simpan patut di curigai keamanannya, VPN gratis punya resiko yang cukup lumayan buruk seperti penjualan data yang didapat dari user yang menggunakan vpn gratisan. Nah untuk anda pengguna VPN yang versi berbayar jangan khawatir karena biasanya yang berbayar memiliki jaminan keamanan dari provider itu sendiri dibanding yang gratisan tidak ada jaminan.

Penggunaan VPN yang gratis harus hati-hati karena kasus demi kasus yang sudah terjadi di berbagai negara membuktikan bahwa penyedia VPN gratisan terkadang menjual data anda pada pihak ketiga untuk mendapatkan keuntungan dari menjual alamat email yang dikumpulkan atau data lainnya seperti yang lebih sensitif yaitu perbankan.

2. Ada Kemungkinan Penggunaan IP Sebagai Network Endpoint

Resiko menggunakan VPN Gratis selain dari poin pertama adanya praktek Network Enpoint yang memungkinkan pihak penyedia layanan VPN gratis yang anda gunakan justru memanfaatkan komputer anda sebagai Network Endpoint.

Network Enpoin bisa dikatakan juga alternatif untuk meningkatkan layanan VPN itu sendiri dengan cara mengalihkan kecepatan internet buat pelanggan VPN lain yang mereka anggap lebih menguntungkan jadi ada kemungkinan Network Endpoint anda juga dijual.

3. Ada Resiko Terserang Malware

Se lain permasalahan yang tadi, resiko ini juga ditakutkan ada, beberapa penyedia VPN gratisan ini memiliki potensi melancarkan serangan Man in teh Middle yang artinya terjadinya serangan terhadap sistem komputer yang saling berkomunikasi satu dengan yang lain. Nah sedangkan posisi penyerang biasanya di tengah-tengah diantara anda dan Server VPN, imbas dari serangan ini bisa membajak, mencuri data anda bahkan bisa menyisipkan malware agar komputer anda terinfeksi malware tersebut.

4. Data dan Alamat IP Bisa Saja Bocor

Bahaya yang bisa saja muncul dengan menggunakan VPN tidak berbayar alias gratis memiliki potensi kebocoran data dan IP ke publik. Dari prinsip VPN itu sendiri bekerja seperti air mengalir melalui pipa yang rahasia untuk mencapai tujuan di mana pipa tersebut tidak bisa di deteksi mengalirkan apa.

Nah justru yang ditakutkan karena menggunakan layanan gratis sejumlah penyedia memiliki kekurangan yaitu dimana pipa yang harusnya rapat, sehingga data dan alamat IP anda mungkin saja bocor ditengah jalan ke publik yang lewat melalui lubang tersebut.

5. Adanya Adware

Perlu kita ketahui bahwa sebuah server dibangun itu menggunakan biaya yang cukup lumayan mahal, dan biasanya dari penyedia VPN gratis satu-satunya jalan untuk mendapatkan penghasilan dengan tidak meminta kepada anda namun mereka mencari penghasilan untuk menutupi operasional yang berjalan melalui sarana iklan.
Bukan saja mengganggu namun yang ditakutkan iklan tersebut mengandung Malware yang tersembunyi atau ada aplikasi yang secara otomatis menginstall tanpa intruksi dari anda.

Dan itulah pembahasan artikel kali ini tentang Menggunakan VPN Gratis Apakah Berbahaya? yang wajib diketahui bila mana terjadi masalah di kemudian hari dengan menggunakan VPN gratis paling tidak sudah tau resiko yang akan anda alami.

Maka dari itu hati-hati dalam menggunakan VPN gratis, nah bagai mana dengan VPN yang berbayar apakan memiliki persoalan yang sama paling tidak jika menggunakan yang berbayar resiko yang dialami kecil kemungkinan kendati bisa saja itu terjadi.

Terima kasih dan jika artikel ini bermanfaat silakan share agar semua lebih bijak lagi menggunakan layanan VPN.