Menjadi Youtuber itu Tidak Mudah, Kenapa ini Alasannya
Photo by Anastase Maragos on Unsplash

Menjadi Youtuber itu Tidak Mudah, Kenapa ini Alasannya?

Posted on

Sudah sejak lama situs youtube dikenal hampir semua orang bahwa di situs web tersebut bisa dijadikan tempat berkreasi dan ekspresi, tidak hanya itu saja saat ini situs youtube jadikan ajang mencari tambahan penghasilan. Nah, mulai dari situlah banyak kalangan apalagi generasi milenial yang sebagian besar ingin memiliki tempat pada youtube.

Youtuber istilah panggilan bagi seseorang yang mempunyai kanal atau chanel, tidak ubahnya seperti blogger dimana seseorang itu mengelola salah satu blog. Sampai artikel ini dibuat, situs youtube banyak sekali kedatangan konten kreator baru yang sedang mencari peruntungan sebagai youtuber.

Jika mengingat perjalanan situs youtube sendiri belum seramai ini, karena dulu situs tersebut hanyalah berbagi video layaknya situs sosial media lainnya, namun setelah masuknya media partner Adsense, ceritanya menjadi berubah, semakin bertambahnya pengguna youtube, kondisi saat itu masih stabil bisa dibilang seperti itu karena belum banyak persaingan.

Generasi terus berganti hingga menggeser media periklanan menjadi lebih modern, menjadikan para youtuber  kebanjiran order iklan dengan tambahan dari Google Adsense.

Menjadi seorang youtuber itu tidak mudah, dengan beberapa alasan sebagai berikut:

1. Tidak Hanya Menjadi Konten Kreator

Dengan persaingan yang saat ini ketat sekali, sehingga membuat video anda kesulitan untuk ditemukan  orang dalam pencarian youtube, dan tidak direkomendasikan oleh youtube sendiri. Mempelajari kata kunci itu penting bagi seorang konten kreator, jujur keyword adalah sebagai kunci untuk memulai menjadi seorang youtuber yang tidak hanya sekedar membuat video terus sudah. Aturannya sekarang tidak begitu anda harus belajar tentang apa itu kata kunci karena penting.

2. Harus Mampu Membuat Konten Yang Menghibur

Banyak artikel yang membahas hal ini hanya sekilas saja penjelasannya misal “membuat konten yang menarik” tidak semuanya diceritakan. Tapi riset kecil yang saya lakukan konten hiburanlah yang mampu mendokrak cepat anda menjadi seorang youtuber dengan tingkat subscriber banyak. Kalangan youtuber pemula tidak menyadari ini, karena kurang pengetahuan apa itu alghoritma dan pasar suka video tentang apa.

Setiap orang bisa membuat video, namun untuk membuat video yang menghibur itu tidak mudah, tapi jika anda memiliki keahlian seperti menyanyi, main alat musik atau sejenis yang menghibur, ini potensi bisa membesarkan chanel dan diri anda.

3. Persaingan Yang Tinggi

Tingkat persaingan yang sangat tinggi adalah alasan menjadi youtuber itu susah, bisa dilihat pada situs youtube apa yang belum ada kira-kira? Sepertinya semua sepakat bahwa disitus tersebut sudah ada semua, hal ini yang membuat beberapa youtuber gulung tikar seperti pedagang saja, karena yang mampu bertahan hanya chanel besar.

4. Bisa Edit Video

Kemampuan untuk mengedit video itu perlu dipelajari masalah hasil bagus atau tidaknya lambat laun akan menambah kemampuan mengedit video dengan baik, karena beberapa karakter penonton youtube menyukai hasil kualitas video yang bagus dan enak dilihat. Selain edit video, anda juga harus memahami kualitas audio yang baik.

Itulah beberapa poin yang cukup untuk menjadi gambaran bahwa menjadi youtuber itu tidak mudah, semoga informasi ini menambah pengetahuan anda dan bermanfaat.