Monetisasi Video di FanPage Facebook Apakah Lebih Menguntungkan Dibanding Youtube
Image: www.myjalis.fr

Monetisasi Video di FanPage Facebook Apakah Lebih Menguntungkan Dibanding Youtube?

Posted on

Masih semangat membuat konten kan? Jika masih obrolan kali ini mari kita bahas soal monetisasi video di FanPage Facebook dan Youtube, sebenarnya mana yang lebih menguntungkan. Masih banyak yang belum mengetahui atau tertarik untuk memonetisasi di FanPage Facebook karena memang tergolong baru ketimbang pendahulunya yaitu Youtube.

Jika anda bertanya apakah bisa menghasilkan uang dari Facebook tentu bisa, seperti jualan dan yang sedang kita bicarakan memonetisasi video pada prinsipnya sama saja dengan youtube kita upload kemudian setelah memenuhi syarat maka kita akan disetujui untuk menampilkan iklan-iklan yang bekerja sama dengan Facebook.

Cara untuk Monetisasi Video FanPage Facebook

Syarat yang paling utama kita harus mempunyai FanPagenya dulu kalau di youtube kita harus punya channelnya dulu karena membuatnya juga tidak rumit hitungan menit jadi. Setelah semuanya sudah dibuat maka kita tinggal persiapkan video-video yang menarik sesuai dengan judul Page yang kita miliki.

Untuk jenis konten yang di sukai oleh pengguna Facebook antara lain seperti komedi, percintaan, tutorial, kuliner dan lain sebagainya. Sama saja seperti Youtube kita harus rajin membuat konten agar penonton tidak bosan dengan konten yang sedikit anda sajikan.

Untuk syaratnya sendiri agar kita diterima sebagai partner penayang iklan sebagai berikut:

– FanPage memiliki 10 ribu pengikut
– Sudah menghasilkan 30 ribu tayang 1 menit, dari video yang memiliki minimum 2 menit yang dihitung selama 60 hari terakhir.
– Pemilik harus sudah berusia 18 tahun, dan video yang tidak melanggar hak cipta.

Dalam pembagian penghasilan Monetisasi Facebook sendiri yaitu hitungannya 45% untuk Facebook dan 55% untuk kita pemilik FanPage.

Dari kedua platform ini sebenarnya hampir mirip-mirip dan juga memiliki daya populer yang hampir sama, tapi ketika berbicara soal video yutube lah juaranya, karena facebook baru konsen akhir-akhir ini. Batas rekomendasi upload video di Facebook adalah paling tidak satu video memiliki durasi diatas 3 menit, karena bila kurang video anda tidak dapat di monetisasi.

Saya pikir keduanya masih sangat menguntungkan, karena facebook adalah tempat baru kemungkinan masih sedikitnya pengiklan di platform ini sehingga penghasilannya masih dibawah Youtube, tapi sisi lain tingkat persaingan di facebook masih sedikit tidak seperti di youtube, hal ini menjadikan masih luasnya kesempatan untuk mulai membuatnya.

Tidak semua pengguna mendapatkan penghasilan setiap bulan dari youtube maupun di facebook, karena semua itu kembali lagi kepada si pengelola channel youtube maupun fanpage artinya tergantung tingkat kreatifnya agar mendapat penghasilan perbulan.

Saya sendiri membuktikan bahwa iklan di facebook yang tidak dapat di skip membuat nilai iklan lebih mahal ketimbang di youtube, jika anda ingin membuktikan buatlah akun dikedua platform tersebut lalu analisa mana yang lebih menguntungkan facebook atau youtube.

Baca juga; Tahun 2020 Mana Lebih Menguntungkan Blog atau Youtube

Dari kedua sistem monetisasi dari kedua platform ini, tidak bisa menjamin bahwa kita bisa menghasilkan uang banyak, karena semua kembali lagi kepada bagaimana kita sebagai kreator bekerja lebih keras lagi.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat memberikan sedikit pencerahan soal monetisasi fanpage dan youtube.