Niche Youtube itu Ibarat Nambang Cryptocurrency
Image from : dcforecasts.com

Niche Youtube itu Ibarat Nambang Cryptocurrency

Posted on

Masih bicara niche, tema, atau topik youtube memang tidak ada habisnya karena pertumbuhan peminat pada industri digital makin meningkat, sadar atau tidak sebenarnya bisa kita lihat bahwa tema youtube dan isi konten adalah kunci keberhasilan, tanpa ada dua faktor tersebut saya rasa berat jika anda pemula.

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa menjadi seorang youtuber dengan mempunyai viewer dan subscriber banyak itu menguntungkan, pendapatan yang bisa diraih dari adsense juga iklan yang secara langsung youtuber dapatkan dari perusahaan, itu besar.

Itulah yang membuat kalangan muda atau sebagian banyak orang menginginkan menjadi seorang youtuber, mungkin karena terlihat mudah namun sebenarnya jadi konten kreator itu tidak semudah yang anda bayangkan, karena harus fokus pada niche, tema, atau topik yang digemari penonton.

Kenapa Nice, Topik, atau Tema Seperti Menambang Crypto?

Saya menggambarkan sebuah topik youtube yang sering kita tonton itu seperti coin crypto, karena macam-macam jenisnya saya contohkan dalam bentuk coin digital itu seperti: BTC, ETH, XRP, XMR dan sebagainya. Sedangkan pada youtube itu contohnya: Hiburan, Tutorial, Komedi, Berita, Olahraga, Musik, dan seterusnya.

Pada umumnya orang menambang coin itu berpatokan pada coin mana yang akan berpotensi naik nanti harganya stabil dalam jangka panjang. Begitu juga pada niche youtube anda harus memilih topik mana yang mampu memikat pasar dan memiliki potensi jangka panjang.

Pada beberapa bulan di akhir tahun 2019 ini, menurut riset saya niche, tema, topik youtube yang sedang menjadi primadona penonton adalah berikut ini daftarnya:

1. Musik (Cover Lagu, Prank Menyanyi)
2. Kisah Misteri (Expedisi)
3. Berita (Berita yang menggambarkan kepanikan, mencekam atau hot news)
4. Reality Show (Adegan bertengkar, kesedihan, kegembiraan)

Daftar topik diatas bisa saja berganti karena bagaimana pasar sebernarnya tidak ubahnya seperti crypto dimana yang sedang ramai maka berbondong-bondong orang menambang coin tersebut.

Anda bisa lihat salah satu contoh satu niche Musik Cover atau Prank Menyanyi, pendatang barunya banyak sekali, tentu karena alasan topik tersebut banyak peminatnya, yang pada akhirnya porsi prank jadi sempit, dengan berjalan waktu tema prank akan disadari oleh setiap targetĀ  bahwa ia sedang dikerjai atau prank, menjadikan kualitas konten tidak menarik lagi.

Begitu pun dengan crypto anggap yang sedang ramai atau mempunyai harga bagus adalah XMR maka orang-orang akan menambang coin tersebut yang menjadikan tingkat kesulitan untuk memecahkah algoritma bertambah, dan porsi pembagian fee atas keberhasilan memecah algoritma tersebut pun sedikit.

Lalu Topik Apa Yang Bagus, dan Kreatornya Sedikit?

Ini ada niche yang bagus namun masih sedikit minat dari konten kreator:

1. Petualangan (kegiatan naik gunung, alami)
2. Dokumenter (Mengangkat kisah, sejarah tempo dulu disuatu wilayah)
3. Misteri (Berburu bangunan kosong yang memiliki cerita)

Daftar tema tersebut bukan harga pasti, itu bakal ramai karena kembali lagi bagaimana pasar atau minat penonton.

Pada artikel ini cocok untuk pemula, karena jika anda sudah pengalaman di youtube maka anda sudah memahami, tidak terlalu pentingnya tema yang mempunyai bobot, yang penting tunjukan keseruan itu sudah cukup, apalagi anda lahir dari youtuber vlog dan tumbuh besar, saya pikir niche, tema, bisa lebih luas dan bebas, karena anda bisa upload apa saja, satu cuma kuncinya tunjukan keseruan dan menarik.

Apakan dengan banyaknya peminat menjadi youtuber maka untuk membuat konten akan semakin sulit?

Ada beberapa niche memang akan kesulitan untuk di produksi, saya sebutkan satu contoh saja Prank, kenapa ini akan sulit karena masyarakat sudah hampir seluruhnya memahami bahwa ada yang namanya di kerjai seperti pura-pura tidak bisa melakukan apa-apa ternyata bisa, dan itu untuk kepentingan konten youtube.

Baca juga Konten Youtube Yang Cepat Usang untuk Pemula Jangan Lakukan ini

Jika maen tebak-tebakan hal itu akan terjadi beberapa tahun kedepan, tapi untuk beberapa niche yang mampu bertahan walaupun tingkat persaingan tinggi, atau jika disamakan seperti Bitcoin walau pun penambangnya banyak dan tingkat kesulitan untuk memecahkan algoritmanya tinggi, namun ia tetap bertahan, kira-kira niche, tema, dan topik apa, sudah bisa anda ditebakkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *