Panduan Mengoptimasi Video Youtube Agar Dapat Traffic
Image: The Fitness Host

Panduan Mengoptimasi Video Youtube Agar Dapat Traffic

Posted on

Sepertinya belakangan ini setelah adanya pandemi corona atau yang dikenal dengan Covid-19 banyak membuat orang lebih berfokus pada sesuatu yang bisa dikerjakan dari rumah, disamping itu juga sambil menghilangkan rasa jenuh akibat Work From Home yang sudah berjalan dibeberapa daerah di Indonesia.

Banyaknya orang yang terkena dampak Covid-19 ini hingga ribuan karyawan terkena PHK karena memang tidak dapat dipungkiri opersional perusahaan-perusahaan tidak sesibuk pada hari-hari tanpa covid-19.

Tidak hanya pekerja pabrik atau yang lainnya dikalangan seniman juga tentu akan terkena dampak, dari mulai gagal manggung, ada juga yang acaranya diundur mungkin menunggu pandemi ini berakhir, akibat dari itu kalangan mereka banyak yang membuat sesuatu yang dapat menggantikan penghasilan mereka yang selama ini didapat dari pekerjaannya.

Pada artikel ini saya akan membahas ulang soal optimasi video di youtube, sebenarnya artikel seperti ini sangat banyak bisa anda baca, dan saya sendiri sudah pernah menulisnya.

Oke, langsung kepokok persoalan yaitu bagai mana caranya agar video kita teroptimasi dengan benar dan dapat dengan mudah orang-orang menemukan video kita dipencarian youtube.

Bagi anda yang sudah memiliki pengalaman di youtube saya pikir artikel ini tidak lah cocok anda baca karena isinya memang hanya itu-itu saja, seperti yang sudah saya tulis SEO itu sebenarnya hanya begitu saja tidak ada cara yang spesial.

Menurut awam mungkin ilmu ini adalah baru karena mencoba menekuni peruntungan di Youtube juga baru-baru karena alasan situasi ekonomi seperti sekarang ini, yang patut diingat adalah bahwa mencari peruntungan di Youtube itu tidak bisa cepat bisa dibilang tidak lah mudah, karena membutuhkan proses waktu yang lumayan lama, ada yang hanya setengah tahun, satu tahun bahkan ada yang bertahun-tahun baru bisa menikmati hasil dari apa yang kita buat di Youtube.

Agar Video Kita Mudah Ditemukan di Youtube

1. Tujuan Membuat Konten Video

Bila melihat dari banyaknya konten kreator video yang bermunculan bertepatan dengan mewabahnya virus corona, ini sebenarnya seperti sebuah efek yang ditimbulkan saja karena sejatinya mereka tidak begitu tertarik mungkin karena terpaksa akhirnya membuat sebuah channel mengisi kekosongan dan berharap bahwa pundi dolar mudah di raih dengan waktu cepat.

Kenapa harus tujuan yang dikuatkan, membuat sebuah konten adalah sebuah pekerjaan yang harus memiliki tujuan yang kuat agar kelak video-video anda banyak yang menonton karena anda konsisten selalu mengunggah video baru yang terus dilakukan.

2. Mencari Tema atau Topik yang Banyak Orang Suka

Saya paham betul bahwa tidak semua orang mempunyai keahlian dalam bidang ini, misal topik memasak bayak orang suka tapi sisi lain kita sebagai kreator tidak bisa memaksakan untuk bisa masak, karena lambat laun anda pasti bosan ditambah desakan ekonomi yang harus jelas.

Poin ini sepertinya agak susah untuk kita lakukan karena hampir semua ada di Youtube, tapi anda jangan khawatir pasti video yang di unggah ada yang menonton kendati harus kalah dengan video yang sudah lebih dulu ada dengan topik yang sama.

Saran ambil topik yang anda kuasai dan disukai agar anda tidak mudah bosan untuk membuatnya. Lalu bagaimana dengan soal persaingan di mesin pencarian Youtube pada poin berikutnya anda bisa terapkan pada channel dan video-video anda.

3. Rubah lah Nama File Video Yang Akan Anda Upload

Ya, ini bukan masalah sepele banyak para senior di Youtube mengatakan bahwa merubah nama file video yang disesuaikan dengan judul memiliki dampak walaupun tidak begitu signifikan namun lumayan ketimbang hanya upload saja tanpa mengoptimasi terlebih dahulu.

Sebagai contoh file Video anda bernama V00001.MP4 sebaiknya sebelum diupload dirubah menjadi judul video anda misal saya rubah menjadi Panduan Mengoptimasi Video Youtube Agar Dapat Traffic.MP4 seperti ini kemudian upload.

4. Mengisi Deskripsi Pada Unggahan Video Kita

Pada kolom deskripsi usahakan jangan asal-asalan karena deskripsi akan mempengaruhi mesin pencarian Youtube kendati tidak juga begitu besar namun lagi-lagi hal ini lebih baik ketimbang anda asal upload saja tanpa ada penjelasan singkat pada kolom deskripsi.

Usahakan selalu menulis deskripsi yang relevan dengan isi konten, misalkan dalam video anda berisi tutorial memasak maka anda jelaskan juga pada deskripsi walaupun garis besarnya saja, agar penonton juga tau video yang mereka tonton memang yang sedang dicari.

5. Sebelum Upload Cek Judul Yang Akan Anda Pakai

Mengecek judul video yang akan anda pakai itu sangat mudah caranya misalkan anda akan membuat judul ” Cara mudah video ditemukan di Youtube” maka sebelumnya anda sudah mencoba mencari konten dengan judul seperti itu pastikan ada banyak atau tidak judul yang sama dengan milik anda.

Jika ada ambil sampel tiga dari video yang paling atas dan ambil kata-kata judul mereka kemudian dirangkai menjadi judul yang akan kita pakai nantinya, setelah anda selesai merangkai kata-kata tadi dan sudah menjadi judul kemudian anda coba cari lagi di kolom pencarian seperti langkah pertama, hal ini untuk memastikan masih banyak tidak persaingan kata yang sama.

Membuat judul itu tidak mudah karena anda harus memikirkan kata yang relevan tidak kaku dan mudah dibaca karena jika tidak maka video anda sulit ditemukan karena tidak ada orang yang akan mengetik judul video dengan kata yang tidak nyambung.

6. Optimasi Video Anda Dengan TAG

Tag ini diperlukan tidak boleh asal juga maksimal anda memasang tag 15 kata, judul yang anda dapat tadi coba anda cek di tag generator, ketik saja di google pencarian maka ada banyak tag generator pilih salah satunya.

Setelah anda menemukan tag dari judul yang anda buat tadi, kemudian sortir tag yang didapat jangan semuanya anda pasang, cari lah tag yang masih relevan dengan konten yang anda buat hal ini memiliki pengaruh untuk menentukan video anda mudah ditemukan.

7. Jangan Lupa Kasi Tau Orang-orang Melalui Media Sosial

Tidak semua media sosial tepat untuk anda mempromosikan video terbaru anda, paling tidak pilih salah satu diantara yang tepat, karena cara ini lumayan ampuh untuk menjaring Subscriber baru jika video anda bermanfaat maka cara ini bagus anda coba.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari Youtube itu Tidak Mudah

Usahakan cara ini dilakukan dengan jeda yang sudah terjadwal, misal seminggu sekali anda membagikan link video anda disalah satu akun media sosial milik anda, karena khawatir jika terlalu sering malah nanti menjadi spamm.

Sementara itu saja dulu panduan simpel yang bisa anda coba untuk meningkatkan peringkat video di Youtube, sambil menunggu keberuntungan menghampiri kita, semoga artikel ini menjadi tambahan wawasan kita soal otimasi video di Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *