MasRival.Com

Pasang SSL Tanpa Dedicated IP Memang Bisa?

Source Images: CloudHostWorld

Hampir semua blog atau website sudah menggunakan SSL, dengan berbagai alasan sehingga menjadi hal yang wajib sepertinya. Sebagai contohnya alasan berikut, dengan SSL mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung apa lagi pada situs jual beli sangat wajib, kemudian banyak di percaya juga kalau blog/web menggunakan SSL bisa membantu untuk meningkatkan SEO yang lebih baik lagi.

Artikel ini membahas apakan bisa memasang SSL tanpa Dedicated IP bisa?

Pengertian dedicated IP adalah alamat Internet Protocol yang di miliki sebuah website/blog yang hanya satu-satunya di pakai oleh satu domain, kemudian alasan menggunakan dedicated IP karena satu syarat jika domain akan menggunakan SSL.

Nah, sekarang sudah paham bukan IP Dedicated itu apa, berikut ini mari kita bahas apakah tanpa menggunakan Dedicated IP website/blog bisa di pasang SSL.

Ternyata bisa lho memasang SSL tanpa dedicated ip contohnya ini:

1. Menggunakan SSL Free Letsencrypt

Jika kebutuhannya hanya untuk blog/web saja tanpa ada transaksi di dalamnya bisa menggunakan SSL gratis dari Letsencrypt, sudah terbilang cukup, tapi namanya gratis pasti memiliki kekurang seperti masa aktif yang pendek yaitu hanya tiga bulan, kemudian nanti tinggal di perpanjang lagi tanpa bayar sepeser pun.

SSL gratis ini biasanya anda dapatkan dari penyedia hosting, yang terdapat pada cPanel jadi pengguna tanpa repot tinggal install saja. Atau jika tidak ada anda juga bisa mendapatkan gratis pada situs ini https://www.sslforfree.com di sana ada panduan untuk memasangnya.

2. Menggunakan SSL Berbayar

Menurut beberapa sumber yang mengatakan bahwa memasang SSL tanpa IP Dedicated bisa di lakukan jika server hosting menggunakan OS CentOs minimal versi 6, dengan menggunakan WHM/cPanel versi terbaru, yang saat ini telah support SNI (Server Name Indicator).

SNI ini merupakan perluasan dari protocol TLS, hal ini memungkinkan server untuk menghubungkan beberapa sertifikat SSL di dalam satu alamat IP yang sama. Jadi selama server hosting support SNI maka memasang SSL tanpa IP dedicated bisa di lakukan.

Baca juga Pengertian DV/OV/EV yang ada Pada SSL

Kesimpulan

Pasang SSL Tanpa Dedicated IP itu bisa di lakukan seperti penjelasan di atas, karena peran SSL pada web/blog memiliki pengaruh maka paling tidak anda memasang yang versi gratis.

Demikian artikel ini semoga mampu menjawab atas pertanyaan anda, dan semoga bisa menambah wawasan tentang SSL apakah bisa di pasang tanpa dedicated IP.

Exit mobile version