Pengertian DV/OV/EV yang ada Pada SSL

Pengertian DV/OV/EV yang ada Pada SSL

Posted on

Blog personal maupun website perusahaan apalagi perbankan, sekarang ini disarankan menggunakan SSL (Scure Socket Layer), jika dalam perbankan dan situs jual beli online atau yang mengandung data pengguna sangat di haruskan menggunakan SSL.

Percaya atau tidak penggunaan SSL dapat mempengaruhi rangking Google, menurut sumber yang saya telusuri diyakini bisa membawa efek baik bagi pengunjung organik.

Memang awalnya SSL ini ditujukan bagi website jual beli online, perbankan dan bersifat membership ini wajib menggunakannya jelas alasannya untuk melindungi data member atau anggotanya. Tapi jika anda bukan termasuk dalam kategori situs tersebut maka keuntungan yang anda dapatkan adalah rangking google.

Bicara tenteng SSL ada beberapa jenis yang digunakan secara umum dan juga tidak umum, dengan judul artikel Pengertian DV/OV/EV yang ada Pada SSL semoga bisa menambah wawasan mengenai SSL.

Pengertian DV/OV/EV yang ada Pada SSL

1. Domain Validation (DV)

Singkatan DV seperti yang sering dilihat pada SSL adalah cara paling cepat untuk memvalidasi dalam menerbitkan sertifikat SSL, biasanya jika anda mengaktifkan SSL jenis berbayar maka anda akan diminta untuk memferikasi kepemilikan domain melalui email saat anda memdaftarkan domain tersebut.

Ada juga yang menggunakan cara upload file SSL dan cara yang lainya dengan mengkonfigurasikan pada DNS untuk memferivikasi kepemilikan domain tersebut.

2. Organization Validation (OV)

Jenis validasi OV berbeda dengan DV karena jenis SSL OV yang mendaftar harus memferikasi domain dan juga dokumen bisnis untuk bisa menerbitkan sertifikat, waktu yang perlu anda tunggu untuk terbit sertifikat memakan waktu 2-3 hari kerja. Jenis SSL OV disarankan hanya untuk penggunaan domain perusahaan atau organisasi bukan untuk perorangan.

3. Extended Validation (EV)

Yang terkhir yaitu EV merupakan jenis SSL yang memberikan jaminan keamanan tertinggi, karena hal ini dapat meyakinkan pengunjung situs tersebut aman melakukan transaksi. EV SSL memiliki Green Address Bar yang terlihat ekslusif dibanding SSL lainnya. Untuk bisa menggunakan SSL EV juga sama seperti OV memerlukan dokumen yang melengkapi verifikasi kepemilikan domain.

Sekarang sudah tau ya perbedaan SSL yang sering ditemui seperti singkatan DV, OV, dan EV. Karena sekarang hampir semua situs menggunakan SSL maka informasi ini penting anda ketahui agar bisa membedakan ketika akan menggunakan SSL.