Pengertian Shared Hosting dan Pengertian Dadicated Hosting

Pengertian Shared Hosting dan Pengertian Dadicated Hosting

Posted on

Adakan diantara anda yang masih belum mengetahui tentang sared hosting dan dedicated hosting, pada artikel kali ini saya mencoba bahas pengertian dan keunggulan dari masing-masing paket ini.

Sebuah website atau blog perlengkapan yang paling dibutuhkan adalah domain dan hosting, untuk menyimpan file website yang anda miliki, tanpa ada kedua piranti ini mustahil bisa membuat blog atau website.

Mari kita masuk ke pembahasan

Pengertian Shared Hosting dan Pengertian Dadicated Hosting

perbedaan-dededicated hosting dan shared

  • Apa itu shared hosting?

Hosting jenis ini sudah terlihat jelas dari arti shared (bersama), jadi begini dalam pengertian shared hosting adalah dalam sebuah server yang berisikan beberapa akun hosting, dan memakai semua service server itu sendiri bersama-sama dari mulai ram, hardisk, dan juga prosessor yang membedakan saat pemilihan paket saat membeli pada penyedia.

Kelebihan dari sisi shared hosting harganya murah karena kita menyewa satu server bersamaan dengan akun-akun yang lain. Dari sisi kekurangannya jelas performa yang didapat akan dibagi-bagi dengan yang lain, makanya kadang sering di eluhkan karena kadang lemot penyebab biasanya ada yang memakai tenaga berlebihan atau sedang medapatkan pengujung bayak dari salah satu akun domain yang terpasang pada shared hosting tersebut.

  • Apa itu Dedicated Server?

Dedicated maka kebalikan dari shared hosting, dari semua tenaga ruang penyimpanan bahkan kecepatan internet dari server itu dipakai hanya satu akun hosting saja, lalu siapa yang pas untuk menggunakan hosting jenis ini.

Jawabannya jika anda memiliki sebuah website atau blog kemudian memiliki pengunjung yang padat maka hosting jenis ini anda pilih tentunya, tapi jika memiliki blog seperti saya yang masih sepi pengunjung memakai shared hosting sudah cukup.

Itu dari sisi kelebihan dedicated hosting dibanding shared hosting, sedangkan sisi kekurangannya dedicated hosting mahal harga sewanya karena satu server utuh hanya anda yang pakai tidak patungan dengan yang lain.

Baca juga Pilih SSD Hosting apa HDD Hosting

Untuk membangun dedicated hosting bisa dengan cara menyewa kepada penyedia yang menyewakan paket ini khusus, atau anda bisa colocation membawa server dari rumah kemudian disimpan pada data center atau juga bisa anda menyewa namanya dedicated server pada penyedia.

Ini pun memiliki harga yang cukup lumayan mahal jika anda menyimpan server sendiri di data center maka anda akan diminta uang sewa rak yang sudah termasuk listrik dan koneksi internet.

Demikian artikel ini semoga membatu bagi anda yang sedang mencari layanan hosting dedicated atau shared hosting semua ada pada kebutuhan anda.