Penjelasan Bagaimana Cara Kerja Web Server

Penjelasan Bagaimana Cara Kerja Web Server

Posted on

Ketika anda sedang belajar mengenai cara kerja sebuah web dapat bekerja dan diakses, maka pertanyaan yang paling anda cari jawabannya adalah bagaimana cara kerja web server? Sebenarnya penjelasan ini sangat sederhana karena secara tugas dan kerja web server itu menerima permintaan dari client yang kemudian dikirimkan kembali kepada si pemintanya yang disebut client.

Sebuah komputer atau gadget yang terkoneksi kemudian menggunakan software yang disebut browser seperti contoh yang banyak digunakan mozilla, google chrome, dan lainnya kemudian terkoneksi dengan internet maka perangkat tersebut dapat terhubung dengan web server.

Web server ada dua macam lokal dan publik mari kita bahas perbedaannya.

Web Server lokal

Atau yang biasa kita sebut localhost, web server lokal bisa anda bangun pada PC anda sendiri yang dijadikan web server sekaligus sebagai client. Web server lokal tidak perlu menggunakan internet karena sifatnya offline dapat dipanggil secara langsung dengan url http://localhost atau IP private.

Lokal web server juga dapat dibangun terpisah dari client namun tidak dapat diakses dari luar jaringan, sebagai contoh anda membuat web server lokal kemudian ingin diakses dari luar negeri jelas itu tidak bisa tanpa ada koneksi VPN untuk mengatur IP komputer anda menjadi satu keluarga dengan web server tersebut.

IP web server lokal pada umumnya menggunakan jenis IP private sebagai contoh 192.168.1.20, itu yang disebut IP private artinya yang dapat mengakses web server hanya yang menggunakan IP dan Jaringan sama, barulah bisa mengaksesnya.

Web Server publik

Tidak jauh berbeda sistem kerjanya dengan server lokal lainnya, perbedaannya jika web server publik itu kebanyakan dibangun tidak berada ditempat anda sendiri, bisa dengan disimpan di gedung cyber dan tempat-tempat lainnya.

Penggunaan IP publik bukan private yang menjadikan sebuah server dapat diakses dari seluruh penjuru dunia selama ada koneksi internet.

Contoh aplikasi Web Server yang paling banyak digunakan:

Apache
Apache Tomcat
Nginx
Lighttpd
Litespeed
Microsoft Internet Information Services (IIS)

Fungsi utama web server itu apa?

Web server mempunyai fungsi utama yaitu sebagai pengirim berkas yang diminta oleh pengguna dengan jenis protokol tertentu. Sebuah web server yang menyimpan berbagai file website seperti gambar, teks, video, audio, dan semua elemen didalamnya yang diminta oleh pengguna dengan menggunakan jaringan internet.

Jenis protokol yang digunakan oleh Web Server

Pernah dengar istilah HTTP singkatan dari (Hypertext Transfer Protocol) jenis protokol ini juga digunakan oleh web server agar dapat berkomunikasi dengan client.

Jenis yang lainnya yaitu HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) hanya ada penambahan huruf S yang artinya Secure protokol ini sebagai versi aman yang sekarang menjadi keharusan diterapkan pada web server.

Kedua protokol tersebut mempunyai sebuah port yang berbeda seperti HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443. Dan untuk membedakan keduanya bisa dilihat dari cara mengaksesnya sebagai contoh https:// dan http://.