Penjelasan Jenis Layanan Hosting

Penjelasan Jenis Layanan Hosting

Posted on

Bagi anda pemula yang belum mengetahui beberapa jenis hosting yang ada di pasaran, hal penting harus anda ketahui, agar jenis hosting yang akan anda beli sesuai dengan kebutuhan.

Harga Hosting bisa berbeda tergantung dari jenis dan fitur, kapasitas, kemudian tenaganya juga jelas berbeda-beda itu yang membuat hosting di pecah menjadi beberapa jenis.

Ini Penjelasan dari Beberapa Jenis Hosting yang Wajib Diketahui

1. Hosting Shared

Hosting jenis ini paling banyak dipakai karena dari segi harga yang juga dibilang murah, karena jenis shared hosting adalah dimana satu server web hosting yang dibagi dengan beberapa bahkan ratusan akun di dalamnya. Kenapa harganya murah? Anggap saja membayarnya patungan dengan akun yang lain.

Alasan lain dari shared hosting juga karena cocok di pakai oleh blog pribadi seperti yang digunakan masrival.com ini shared hosting, untuk blog atau website menengah juga sebenarnya sudah cukup dengan shared hosting.

2. Free Hosting

Dari nama saja sudah cukup jelas, yang berarti bahwa jenis hosting ini gratis seperti contohnya milik blogger.com, wordress.com dan yang lainnya. Kekurangnya dari jenis free hosting adalah, anda tidak bisa mengatur akses secara leluasa file yang anda miliki didalam hosting tersebut.

3. VPS Hosting

Jenis ini tergolong hosting kelas menengah keatas, kenapa demikian karena alasannya sebagai berikut, admin wajib mengerti sistem kerja web server kemudian anda bebas untuk menginstall aplikasi, karena sumber daya pada VPS Hosting dan tidak menggangu akun lain, berbeda dengan shared hosting.

Kapasitas penyimpanan, RAM dan CPU semua bisa anda gunakan sendirian bisa dibilang semi dedicated, VPS Hosting cocok buat anda yang mengelola blog/website besar yang pengunjungnya sangat banyak.

4. Hosting Dedicated

Dedicated bila diibaratkan jalan tol anda gunakan sendiri tidak ada kendaraan lain yang menggunakan, jelas bayarnya akan mahal. Dedicated Hosting digunakan situs kelas atas semisal kompas.com, detik.com dan website besar lainnya.

Hampir mirip dengan VPS Hosting, bedanya VPS berada di dalam Dedicated Hosting yang dibagi beberapa Virtual, sedangkan Dedicated Hosting berdiri sendiri satu server anda gunakan tanpa dibagi-bagi.

Bagaimana jika anda ingin menggunakan Dedicated Hosting, caranya bisa menyewa fisik dedicated server atau anda meletakan server di gedung cyber dengan colocation.

5. Cloud Hosting

Jenis Cloud ini banyak diminati dan banyak juga ditawarkan oleh penyedia layanan hosting, banyak yang pakai karena alasan cloud hosting pada prinsipnya bekerja dari beberapa lokasi dan sever bekerja menjadi satu. Keunggulannya adalah performa yang stabil dan tidak terjadi down time dan jarang terjadi.

Penutup

Itulah beberapa macam jenis atau tipe hosting yang bisa anda pilih, tujuannya agar anda bisa memilih layanan mana yang lebih tepat untuk di jadikan hosting website.

Rekomendasi dari saya jika hanya perlu untuk blog atau website perusahaan sekala biasa bisa menggunakan shared hosting atau cloud hosting sudah cukup. Jika kebutuhannya lebih dari itu ada dua pilihan VPS Hosting dan Dedicated Hosting, jika anda masih ragu bisa tanya terlebih dahulu ke penyedia hosting agar mendapatkan layanan yang tepat dan cocok.