MasRival.Com

Perbedaan Shared IP dan Dedicated IP Pada Hosting

Source images : sourcereader.com

Di dalam server hosting yang terdapat IP Address berupa identitas numerik yang di pakai pada setiap komputer agar satu dengan yang lainnya bisa saling berhubungan. Pada artikel kali ini membahas perbedaan dari kedua jenis IP Address yang sering di temui pada fasilitas sebuah layanan hosting.

Berikut ini perbedaan yang bisa anda ketahui tentang Shared IP dan Dedicated IP.

1. Shared IP Address

Pada paket layanan hosting tertentu menawarkan sebuah hosting dengan fitur yang tersedia termasuk informasi mengenai shared IP Address yang artinya dalam 1 IP Address terdapat beberapa domain.

Seperti pada umumnya jenis layanan ini lebih banyak di gunakan oleh situs-situs kecil karena banyak alasan seperti harga hosting yang murah dan cukup sudah untuk melayani sebuah blog, toko online, dan web perusahaan sekala kecil menengah dari sisi kebutuhan.

Kekurangan dari menggunakan Shared IP Address adalah tidak leluasa dan ada kerugian bila ada salah satu dari domain yang menyalah gunakan seperti melakukan tindakan spam, maka yang terkena imbas seluruh domain yang berada pada IP Address tersebut.

2. Dedicated IP Address

Dilihat dari penjelasan di atas berarti jenis IP Address ini adalah sebuah IP yang hanya ada satu domain yang berada di dalamnya. Dan biasanya layanan jenis ini banyak di gunakan oleh website besar, toko online, portal berita, dan hal-hal yang menyangkut kebutuhan keamanan lainnya.

Karena dulu sebelum ada update terbaru dari Operasi Sistem server yang belum support dengan SNI, yang mewajibkan untuk menggunakan Dedicated IP Address agar bisa di instal SSL.

Kelebihan menggunakan Dedicated IP Address, anda tidak akan terpengaruh oleh perilaku buruk dari domain lain yang berada di server yang sama, karena berbeda IP.

Kekurangan dari Dedicated IP Address, bukan dari performa melainkan hanya dari segi biaya saja, pada umumnya penyedia hosting yang menawarkan paket ini dengan biaya mahal di banding hosting Shared IP.

Kesimpulan

Penggunaan kedua IP tersebut kembali kepada anda sebagai pengguna dimana kebutuhan saja, ingin menggunakan Dedicated IP atau Shared IP.

Sekian penjelasan tentang Perbedaan Shared IP dan Dedicated IP Pada Hosting, semoga dapat membantu anda, menemukan jawaban dan menambah wawasan tentang jenis IP Address.

Exit mobile version