Pilih SSD Hosting apa HDD Hosting
Photo by Pixabay from Pexels

Pilih SSD Hosting apa HDD Hosting

Posted on

Mau pindah hosting atau berencana menggunakan hosting untuk memulai membuat blog atau website? Sebelum mengambil keputusan untuk memilih salah satunya kita cari tau apa kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis penyimpanan ini.
Kita bahas pada artikel kali ini adalah kelebihan dan kekurangannya antara Hosting HDD dan Hosting SSD agar kita bisa memilih mana yang tepat untuk blog maupun website kita nantinya.

Kembali kesejarah Hard Disk Drive (HDD), ini yang biasa kita temui jenis ini disebut sebagai drive (tradisional) yang memiliki fungsi untuk menyimpan data. HDD juga telah terpasang pada semua komputer semenjak pertama kali komputer dibuat, lebih tepatnya lagi HDD sudah dipakai sejak tahun 1956an, pertama kali oleh IBM.

Mengenal cara kerja HDD

Hard Disk didalamnya terdapat pringan yang berputar bentuknya mirip dengan kaset CD namun terbuat dari lempengan baja. Nah disana ada head atau yang bisa kita kenal pada CD, DVD player adalah optic yang berguna untuk membaca dan menulis pada piringan sebagai penyimpanan data. Dalam konsep mirip dengan DVD player yang memutar musik maupun video.

Gampangnya Hard Disk ini masih menggunakan sistem mekanik dan kurang bagusnya lagi dengan sistem ini akan memiliki responitas yang sedikit lambat yang disebut Access Time.

Beralih ke masalah Keuntungan menggunakan Hard Disk pada Hosting
Penyedia hosting yang menggunakan HDD masih banyak yang menawarkan sebagai ruang penyimpanan data website kapasitas yang ditawarkannya pun beragam dari mulai yang kecil hingga besar.

Keuntungan menggunakan HDD pada Hosting adalah harganya relative murah sesuai ukuran yang ditawarkan karena dari harga hardware HDD lebih murah dibanding SSD maka harga hosting yang menggunakan HDD lebih murah.

Kekuranganya menggunakan Hosting HDD
Dari segi performa yang tersa kurang begitu memuaskan dibanding menggunakan hosting SSD

Hosting SSD

Solid State Drive (SSD) dari fisik maupun cara kerjanya berbeda dengan HDD, penyimpanan jenis ini menggunakan microchip, karena tidak menggunakan piringan sebagai media penyimpanan menjadikan SSD lebih cepat membaca maupun menulis. Hal ini hampir tidak memiliki waktu tunggu untuk membaca semua file pada SSD.

Keuntungan menggunakan Hosting SSD
Performa yang sangat baik melebihi HDD, walaupun diisi dengan konten website yang datanya random bisa dikatakan kecepatanya bisa 100 kali lebih cepat dibanding HDD biasa.

Kekurangnya adalah
MAHAL

Saran jika mau menggunakan salah satu jenis penyimpanan ini untuk kebutuhan hosting maka pertimbangkan dahulu dengan kebutuhan misal mau digunakan untuk blog seperti masrival.com ini sudah cukup bagus menggunakan HDD hosting akan tetapi jika memiliki blog yang lebih besar dan pengujungnya sudah ratusan ribu dalam sehari bagusnya menggunakan SSD agar tidak terasa berat saat di akses.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *