Sudah tau Perbedaan Antara cPanel dengan Plesk

Sudah tau Perbedaan Antara cPanel dengan Plesk

Posted on

Bagi yang sudah berkencimpung lama dengan hosting sudah biasa menggunakan cPanel dengan Plesk juga, tapi mungkin saja pembaca adalah seorang pemula maka sangat perlu mengetahui perbedaan dari kedua control panel web ini, simak pembahasannya.

Membahas mengenai kedua jenis control panel ini yang sering digunakan untuk mengelola sebuah file hosting agar penggunanya lebih mudah melakukan konfigurasi dan control terhadap semua konten yang disimpan didalamnya. Bagi pengguna hosting yang sudah lama pasti mengenal cPanel dengan Plesk.

Pengertian dan fungsi control panel sendiri adalah sebuah program yang diinstall pada server hosting berfungsi untuk memudahkan kita mengelola sebuah website, database, email, dan sebagainya dengan cepat tanpa banyak configurasi. Antar muka yang lebih mudah dipelajari ketimbang kita membuat atau menggunakan server hosting tanpa menggunakan control panel yang bisa dibilang manual hampir semua dilakukan serba manual.

Jenis control panel itu apa cuma dua itu saja?

Tidak, control panel banyak jumlahnya begitu juga dengan fitur yang berbeda-beda tentunya, control panel ada yang gratis ada juga yang berbayar seperti cPanel dengan Plesk yang paling banyak digunakan penyedia hosting premium.

Berikut ini perbedaan cPanel dengan Plesk

1. Antar Muka atau Tampilan

Keduannya memiliki tampilan yang mudah dipelajari, seperti Plesk yang terlihat lebih menonjol pada tools yang disediakan didalamnya, banyak aplikasi yang dapat diinstall didalamnya. Begitu juga cPanel pendapat pribadi cPanel lebih ringkas cuma kembali lagi kepada faktor kebiasaan sebenarnya dari kedua control panel ini sangat mudah untuk digunakan.

2. Fitur Installer dan Tools

Perbedaan sepertinya sangat menonjol pada bagian ini, Plesk memiliki banyak tools yang bisa diinstall sesuai dengan kebutuhan sebagai kelebihan utama aplikasi plesk sebagai control panel hosting, sedangkan pada cPanel tidak banyak yang bisa dilakukan bila bicara tools. Installer yang tersedia pada Plesk sudah ada secara default, sedangkan pada cPanel terpusat di plugin addon softacolus yang membutuhkan license terpisah.

Tapi bagi anda yang berlangganan pada penyedia hosting semua fitur yang ada di cPanel semuanya sudah tersedia anda tinggal pakai saja.

3. Hak Akses User

Control panel Plesk memiliki satu tempat login baik untuk administrator dan user, berbeda dengan cPnel yang memiliki tempat login yang berbeda secara terpisah WHM hanya bisa diakses oleh Admistrator server sedangkan cPanel hanya untuk user saja.

4. OS Server

Control panel Plesk dapat diinstall pada OS windows dan Linux, sedangkan untuk WHM/cPanel hanya bisa berjalan pada CentOS, CloudLinux, dan RedHat tidak bisa dijalankan pada server OS Windows.

Beberapa poin diatas semoga dapat memberi gambaran untuk anda yang masih tahap belajar mengenal control panel sebagai tempat mengelola semua konten untuk berbagai keperluan.

Kesimpulan

Perbedaan Plask dengan cPanel memang banyak, tapi bukan berarti keduanya susah dipelajari semua kedua produk ini sudah didesign sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kemudian mana yang lebih baik keduanya juga baik tergantung faktor kebiasaan sebenarnya, sepengalaman saya pribadi yang biasa menggunakan cPanel kemudian mencoba Plesk tidak butuh waktu lama untuk memahami semua fitur yang ada.

Referensi harga license untuk kedua Control Panel tersebut:

https://www.plesk.com/pricing/
https://cpanel.net/pricing/