Tірѕ Memilih Hоѕtіng Bеrkuаlіtаѕ Tеrbаіk untuk Blog

Tірѕ Memilih Hоѕtіng Bеrkuаlіtаѕ Tеrbаіk untuk Blog

Posted on

Sebelum membuat blog pastinya anda harus pikirkan pertama kali soal niche atau tema yang akan dikembangkan nantinya, setelah itu menentukan tempat dimana untuk menyimpan berbagai file keperluan blogging.

Ada dua macam yang bisa anda pilih hosting yang berbayar atau yang gratis, contoh yang bayar adalah anda menyewa hosting yang disebut Self Host, tapi bagi anda yang ingin memilih gratis sebagai contohnya yang populer aja blogger.com dan wordpress.com.

Jika anda lebih tertarik membuat blog dengan selft hosting maka artikel ini cocok untuk dibaca hingga tuntas agar lebih teliti lagi memilih layanan hosting yang berkualitas terbaik.

Memilih hosting yang berkualitas baik ini wajib menurut saya apalagi untuk menjaga kesetabilan blog yang akan dikelola agar selalu online dan tahan dari berbagai kemungkinan.

Memilih hosting yang berkualitas terbaik tidak lepas dari riset tujuan target dari pembaca anda juga, dari situ kita dapat memilih lokasi server yang tepat, umumnya di pasaran yang banyak ditawakan dari lokasi ID, SG, dan USA sebenarnya masih banyak lokasi lain tapi yang disebutkan ini sudah paling banyak digunakan blogger tanah air.

Kenapa harus memilih lokasi yang tepat?

Dimana hosting itu ibarat rumah yang diisi berbagai alat-alat rumah tangga, selain itu sebuah rumah pasti dikunjungi orang untuk bertamu. Logikanya begini jika anda memiliki rumah di USA dan orang Indonesia ingin berkunjung kesana tentunya membutuhkan waktu hingga sampai ketujuan.

Jadi pilih dari segi lokasi terlebih dahulu untuk mendapatkan kecepatan terbaik, penentuan lokasi wajib anda pilih tergantung dari mana target pengunjung blog anda nantinya.

Misal target anda orang Indonesia maka lebih baik memilih hosting yang lokasi servernya di Indonesia, begitu juga sebaliknya jika target pengunjungnya adalah orang luar negeri maka pilihannya adalah hosting yang ada disana supaya lebih cepat diakses.

Masalah kapasitas hosting yang ada di pasaran sudah banyak yang memberikan lebih dari cukup untuk menaruh semua file blog kita, cuma perbedaan di soal harga dan kestabilan server saja.

Banyak sekali penyedia hosting yang dapat kita temui secara online saat ini dari mulai perorangan hingga perusahaan, bagaimana pun kualitas hosting ada unggulnya dan juga ada kekurangannya itu sesuatu yang wajar tapi paling tidak setelah pembahasan ini anda bisa memilih yang paling baik diantara yang ada.

Mulai memikirkan soal spesifikasi yang cukup untuk menampung seluruh kebutuhan blog yang kita buat, tapi ingat jangan salah memilihnya untuk blog sekelas masrival.com itu tidak perlu membutuhkan server yang memiliki spesifikasi yang tinggi.

Yang membutuhkan spesifikasi tinggi itu blog-blog yang memiliki team besar kemudian mereka selalu up to date soal postingan, sedangkan blog yang masih memiliki rata-rata update rendah saya pikir cukup dengan spesifikasi yang rendah juga, asal stabil itu saja.

Resiko apa saja yang akan dialami jika salah pilih Hosting?

Kebetulan yang kita sedang membahas soal hosting yang berkaitan dengan penyimpanan file-file blog yang harusnya dapat diakses dari mana pun dan kapan saja.

Resikonya jika kita sala memilih layanan hosting, yang paling banyak tentu dari nilai stabilnya, kadang namanya orang itu kan ingin mendapatkan banyak fitur dengan harga murah itu sudah jadi hal yang biasa dan wajar, siapa yang tidak mau dengan harga murah terus dapat fasilitas banyak.

Tapi tidak semua yang murah itu buruk ya, ini harus di akui karena banyak yang menjual hosting dengan harga murah tapi tidak mengecewakan, yang paling harus di waspadai agar tidak salah pilih adalah, sudah harga mahal, fasilitas tidak banyak bahkan sering down.

Tanpa memikirkan soal keberlangsungan blog yang dikelola, akibatnya ada beberapa kendala yang akan didapat karena salah pilih, seperti:

a. Blog lelet di akses karena server overload
b. Blog jadi jelek SEO optimisnya karena sering down

Jika semua itu terjadi bagai mana, tentu kita sebagai pengelola blog tidak mau kejadian seperti itu nah, berikut ini ada beberapa yang bisa anda pertimbangkan untuk memilih layanan hosting yang berkualitas terbaik untuk blog.

1. Besaran disk penyimpanan

Salah satu faktor penting yang wajib kita tentukan untuk besaran hardisk yang akan menyimpan berbagai file, karena blog berisi gambar-gambar bahkan sampai video menjadikan ruang penyimpanan akan menjadi sempit kalau terlalu banyak yang disimpan.

Dari situ kita bisa memilih layanan hosting yang dapat memenuhi kebutuhan blog kita, seperti memilih layanan yang full fitur dan unlimited, aturan limited bukan berarti kita bebas memasukan apa saja disana karena banyak provider yang memberikan syarat penggunaan yang dibolehkan.

Kemudian apa anda sudah mengetahui soal pengertian unlimited? Singkatnya pengertian dari unlimited sebenarnya tidak berarti bebas tanpa adanya batasan, seperti yang kita ketahui bahwa server hosting adalah sebuah komputer biasa yang didesign digunakan untuk server yang online 24jam non stop yang sama saja memiliki batas penyimpanan.

Pernah dibahas disini: Apa Yang Membatasi Pada Hosting Unlimited, Apakah INODES?

Jadi kesimpulannya pilih hosting paling tidak yang unlimted agar tidak waswas ketika file sudah semakin banyak dihosting tanpa perlu upgrade lagi kelayanan yang lebih tinggi.

2. Memilih layanan yang Bandwidthnya Unlimited

Ini persoalan yang cukup lumayan penting dimana setiap layanan hosting diluar yang ulimited terkadang masih ada yang membatasi fitur bandwidthnya, misal anda berlangganan paket hosting 1GB dengan bandwidth sebesar 20GB per bulan, akibatnya bila blog anda kebanjiran pengunjung maka bandwidth sebesar itu akan kurang yang akibatnya blog tidak dapat di akses.

Tapi untuk saat ini penyedia hosting lokal maupun luar sudah mulai menjual fitur bandwidth tanpa batas, kalau pilihan ini kita bisa sesuaikan dengan jumlah pengunjung kalau banyak bisa pilih yang tanpa batas, jika sebaliknya sepi sebenarnya 1GB saja sebulan terkadang tidak habis, seperti blog masrival.com ini karena memang tidak ramai pengunjung.

3. Fitur Lain-lainnya

Sebenarnya hampir semua layanan hosting saat ini memiliki banyak fitur, yang mebedakan harga terkadang yang membatasi fitur tersebut, seperti tidak mendapat layanan SSL gratis, addon domain dan auto installer.

Artikel ini mungkin sudah dapat disimpulkan bahwa memilih layanan hosting terbaik adalah bukan perkara kalau harga mahal pasti bagus, tapi bagaimana menilai dari kestabilan dan fitur-fitur yang diberikan.

Satu lagi tambahan, pilihlah penyedia hosting yang memiliki Customer Service yang responsif, selalu cepat dan tepat dalam melayani pelanggan. Bila anda sekarang berada pada hosting yang supportnya lambat baiknya bersiap mencari tempat baru yang nyaman terbaik untuk menyimpan blog anda.