Tahun 2020 Mana Lebih Menguntungkan Blog atau Youtube

Tahun 2020 Mana Lebih Menguntungkan Blog atau Youtube

Posted on

Mana yang lebih menguntungkan blog atau youtube? Kita akan bahas melalui artikel ini, agar anda menemukan jawaban dalam pembahasan pada artikel ini yang memungkinkan nantinya anda dapat menentukan pilihan untuk mengembangkan blog atau youtube.

Salah satu platform yang sedang ramai digandrungi sebagian banyak masyarakat Indonesia, yang menyajikan rupa-rupa video dari informasi hingga hiburan. Blog juga tidak kalah ramai dan juga populer dikalangan masyarakat Indonesia, untuk mendapatkan berbagai informasi.

Kedua platform ini pastilah memiliki kelebihannya masing-masing dan juga dapat menghasilkan uang, jadi antara blog dan youtube ini mana sih yang lebih menguntungkan bagi pengelolanya.

Berikut ini ulasan soal pertanyaan menguntungkan blog atau youtube.

Apakah youtube lebih menguntungkan dari pada blog? Mungkin yang tepat jawabannya relatif ya, karena tergantung dari konten kreatornya itu sendiri, jika dikelola dengan baik maka youtube akan menghasilkan, begitu juga sebaliknya blog akan menguntungkan jika dikelola dengan baik dan benar.

Banyak konten kreator blog yang beralih lebih fokus ke youtube, itu bukan karena tidak ada alasan, beberapa perbedaan ini lah yang membuat mereka jarang menulis artikel lebih banyak membuat video.

Berikut ini beberapa alasan yang membuat banyak orang beralih membuat konten video ketimbang tulisan.

1. Diyakini penonton video lebih banyak ketimbang baca

Pernyataan ini merujuk pada riset yang dilakukan beberapa waktu lalu bahwa orang-orang sudah mulai suka mencari informasi atau berita melalui video online ketimbang mengakses portal berita secara langsung, totalnya pun tidak sedikit sekitar 75 persen dari hasil riset Google orang lebih suka berlama-lama mengakses youtube.

2. Mengelola akun youtube lebih mudah ketimbang blog

Berikut ini alasan dari sisi pengelola, sepertinya mengelola channel youtube jauh lebih mudah ketimbang mengelola sebuah blog, yang dimana hampir semua yang berkaitan dengan blog dilakukan sendiri, seperti belajar HTML, CSS, SEO dan sebagainya.

Kendati hal tersebut sebenarnya tidak perlu banyak dipelajari, hanya saja teknik optimasi harus dipelajari ketika kita sedang membangun sebuah blog, agar mampu menghasilkan.

Yang dilakukan di youtube anda perlu memahami soal editing video, jika kita bandingkan mengedit blog lebih simpel mengedit video. Poin ini diluar ide konten, tentunya ranah tersebut sama saja membuat anda harus berfikir keras untuk membuat konten yang menarik penonton.

3. Sumber yang mendatangkan uang

Di youtube sama seperti di blog dimana konten kita dapat di monetisasi, jujur saja sebenarnya konten kreator bertujuan kesana, tentu ada juga kreator yang tidak kearah sana, namun kebanyakan adalah uang. Dengan banyaknya orang yang menyukai video maka kesempatan mendapatkan pundi rupiah semakin besar.

Seperti halnya blog dulu sebelum youtube sepopuler seperti saat ini, cara mendapatkan uang dari blog tergolong masih mudah dilakukan. Karena tidak adanya alternatif lain untuk mencari informasi, tapi bukan berarti blog sudah tidak menguntungkan lagi bagi pengelola blog yang profesional tentunya masih menikmati penghasilan dari blog.

4. Pemilik channel seperti diakui oleh platform

Artinya seperti keberadaannya dihargai oleh platform youtube sendiri, dengan hadirnya penghargaan yang akan ia dapat ketika mencapai 100.000 subscriber, dapat lencana centang biru yang artinya terverifikasi, selain itu mereka akan dihadiahi play button, itu juga yang membuat mereka menjadi tertantang untuk mendapatkan itu.

Walau pun sebenarnya tidak ada artinya, tapi bagi siapa pun ketika hasil jerih payah kemudian ditandai dengan hadiah atau tanda keberhasilan ia akan lebih semangat lagi melakukannya.

5. Jenis iklan yang kreatif

Jenis iklan yang tampil di youtube jauh lebih menarik karena isinya kebanyakan video yang terkadang membuat penasaran penonton walau sadar itu hanyalah sebuah iklan. Yang menjadikan penghasilan di youtube jauh lebih mudah ketimbang di blog.

Diatas adalah menjelaskan beberapa keuntungan lain yang ada di platform youtube, artikel ini berdasarkan opini penulis yang bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi anda.

Lanjut lagi membahas soal blog yang kehadirannya dan lebih dulu populer ketimbang youtube.

Sama dengan platform youtube untuk mendapatkan uang harus mendaftar terlebih dahulu di program adsesnse, tapi itu bukan satu-satunya jalan untuk mendapatkan penghasilan karena di blog anda juga dapat menjual produk-produk anda sendiri. Lebih menguntungkan blog atau youtube, dari berbagai sisi?

1. Menambah kemampuan menulis

Blog ini sangat cocok untuk anda yang memiliki hobi menulis, tidak hanya untuk mencurahkan hobi saja, anda juga mendapatkan penghasilan dari hobi anda ini, kesempatan menjadi penulis bagus juga berawal dari sebuah blog, sudah banyak contoh orang terkenal dari blog.

Dari hobi menulis di blog anda dapat memasarkan berbagai produk yang bisa anda jual disana, intinya blog masih menguntungkan selama penulis selalu konsisten dan inspiratif untuk pembacanya.

2. Jadi suka membaca berbagai informasi

Dimana blogger yang mampu menulis dengan baik biasanya ia juga suka membaca, entah dari buku, surat kabar, internet dan lainnya. Ada juga yang bilang bahwa penulis yang baik ia juga pembaca yang baik atau kebalik ya, pokoknya intinya seperti itu.

Dengan suka membaca keuntungan yang didapat tentunya kosa kata yang kita miliki semakin banyak untuk dijadikan bahan obrolan atau tulisan. Berpengetahuan luas sudah pasti, sebenarnya seorang kreator video juga sama saja namun mereka lebih merubah dari tulisan ke visual yang terkadang tidak sama hasil yang didapatkan.

3. Mendapatkan uang dari blog

Poin ini tentunya menjadi paforit seperti saya misalnya, hal yang menyenangkan jika mendapatkan uang dari blog, seperti hobi yang dibayar. Walaupun saya sadar bahwa mendapatkan uang dari blog tidak lah mudah, karena harus ditunjang berbagai elemen skill yang mendukung untuk saat ini.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada bagian youtube, dimana masyarakat hampir seluruhnya mencari hiburan dan informasi disana, menjadikan trafik blog juga tidak stabil, uang yang datang dari blog itu dipengaruhi oleh trafik sepi pengunjung dolar pun jarang datang.

Maka dari itu membuat blog agar menghasilkan sangat perlu skil yang menunjang, seperti menulis artikel-artikel bagus dan berguna, mampu berjualan berbagai produk sendiri maupun milik orang lain.

4. Mengerti SEO lebih mendalam

Tidak jarang pensiunan blogger yang membuat channel youtube dia akan lebih unggul soal SEO karena pada saat mengelola blog ia seolah di gembleng soal optimasi untuk memenangkan penelusuran. Penelusuran youtube tentu berbeda dengan penelusuran google tapi di sana lebih ringan dibandingkan dengan persaingan di Google Search Engine.

5. Mengerti pengelolaan Hosting, Domain dan Script lainnya

Walaupun tidak semua blogger tidak semua yang memiliki kemampuan soal ini, tetapi paling tidaknya blogger blogger mengerti soal dasar pengaturan bagi blog yang ia kelola. Dimana seorang blogger juga harus memikirkan tema tampilan yang menarik enak dipandang dan tidak membuat pusing pengunjung.

Berbeda dengan platform yang tinggal pakai seperti youtube, disana kita hanya disuruh membuat konten, optimasi sebisa mungkin tanpa harus memikirkan seperti poin yang dibicarakan ini.

Baca juga; Belajar mengoptimasi sosial media

Kesimpulan

Dari penjelasan panjang lebar ini, saya yakin anda sudah dapat memutuskan mana yang lebih menguntungkan, karena kedua platform ini memiliki kelebihan masing-masing tergantung bagaimana si pengelolanya.

Bila waktu anda banyak kemudian ide juga tidak pernah habis tidak ada salahnya kedua platform tersebut di garap agar mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga anda tidak bingung lagi mana yang lebih menguntungkan blog atau youtube.