Tips Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Yang Dengar

Tips Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Yang Dengar

Posted on

Sudah lama tidak membahas soal podcast, kali ini saya ingin berbagi soal podcast kita tidak usah ngobrol apa itu podcast ya, karena hampir sebagian besar warganet sudah tahu apa itu podcast. Membuat podcast menarik banyak yang dengar itu rasanya membuat ketagihan karena pasti ingin buat lagi dan lagi.

Pada era digital seperti sekarang ini kebiasaan orang sudah mulai berubah yang biasanya mendengarkan siaran radio melalui alat penerima konvensional sekarang mulai berangsur berubah, ya podcast menjadi pilihan saat ingin mendengarkan siaran sebuah radio atau siaran yang membahas berbagai topik menarik.

Topik yang banyak dibahas oleh podcaster sangat beragam meliputi soal pendidikan, asmara, horor hingga curhatan juga ada tidak kalah menarik ada akan mudah menemukan kanal yang membahas soal bisnis dan seputar pembicaraan yang sedang ramai beredar dikalangan masyarakat luas.

Kenapa podcast menjadi pilihan tepat saat ini?

Bagi masyarakat yang menghabiskan waktunya dijalan macet-macetan di kota besar mereka mulai beralih mendengarkan podcast ketimbang streaming yang lain. Saat ini banyak sekali orang-orang memulai siaran podcast untuk mendapatkan pendengar setiap setiap konten yang ia buat, apakah termasuk anda? Jika pun ia berikut ini tips agar podcast anda banyak yang mendengarkan.

Tips Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Yang Mendengarkan

1. Pentingkan Kualitas Audio

Jujur saja seorang podcaster mendapatkan banyak pendengar bukan semua dari konten yang dia bahas itu menarik, melainkan dari kualitas audio yang bagus. Dengan peningkatan podcaster yang lumayan signifikan hingga saat ini sudah mencapai 850.000 podcast yang sudah beredar dari jumlah 30 juta episode. (kutipan dari kumparan).

Maksudnya dari memperbaiki kualitas audio adalah suatu hal yang sangat penting untuk menggaet pasar podcast, bayangkan saja masih banyak podcast direkam dengan menggunakan microphone standar laptop atau juga handphone yang menghasilkan tidak begitu bagus audionya.

Dalam sebuah podacast audio adalah poin yang sangat penting karena dengan audio lah podcaster membagikan karya-karyanya tersebut. Karena itu penting juga memikirkan membeli peralatan yang mumpuni untuk rekaman podcast.

Jika anda serius membidangi podcast maka kualitas audio yang dihasilkan dari alat yang baik menjadi prioritas utama agar suara yang dihasilkan sehingga mampu menarik perhatian pendengar, ingat audio yang bagus itu mencerminkan kualitas podcast yang bagus juga.

2. Jangan Iklan Terang-terangan

Hampir semua orang tidak menyukai iklan, yang keberadaannya kadang dianggap spam karena pendengar podcast kebanyakan ingin mendengarkan topik pembahasan yang anda bawakan bukan mendengarkan iklan yang bertubi-tubi. Pendengar podcast sejatinya ingin mendapatkan beberapa pengalaman baru, tapi jika ingin anda menyelipkan sebuah promosi dalam sebuah podcast yang dibuat alangkah baik jangan blak-blakan.

Teknik melakukan promosi dalam sebuah siaran podcast mirip dengan seorang penyiar radio ketika berbicara tidak terasa bahwa sebenarnya itu adalah iklan, jika anda seorang yang sudah memahami soal ini saya yakin bahwa pendengar podcast anda tidak merasa bosan.

Dalam membangun sebuah identitas jangan sering anda jejali dengan iklan-iklan yang membuat kredibilitas anda jadi menurun, pelajari teknik-teknik membacakan iklan apa pun agar ketika bicara promosi pendengar anda tidak menyadari bahwa itu adalah iklan, kalau pun sadar tidak membuatnya meninggalkan kanal anda.

3. Perlunya Meningkatkan Keterikatan Antara Anda dan Pendengar

Hampir sama dengan platform lain yang memiliki kepentingan ingin mendapatkan pendengar setia, yang caranya dengan meningkatkan lagi keterikatan antara anda dan pendengar anda, dengan cara menyarankan pendengar untuk mengikuti akun media sosial yang anda miliki, agar mereka bisa mengikuti perkembangan topik-topik yang akan diulas selanjutnya di podcast kita.

Berbagai macam cara membuat ikatan dengan pendengar, seperti minta rate yang terkait dengan episode-episode yang anda buat.

4. Pilih Narasumber yang Relevan

Saya tau bahwa untuk mendapatkan narasumber yang relevan itu tidak mudah, misal anda ingin membahas soal pendidikan tentunya yang ada lakukan adalah menyiapkan narasumber yang tepat, paling tidak narasumber tersebut dari Dinas Pendidikan agar yang anda bicarakan asal-asalan.

Kemudian susahnya anda harus memiliki personal branding yang jadi terlebih dahulu untuk mendapatkan ketertarikan narasumber terhadap kanal anda. Karena mereka (narasumber) juga ingin tau sejauh mana podcast anda dikenal oleh banyak orang.

Untuk langkah awal yang bisa anda lakukan paling tidak membuat podcast dengan narasumber yang tidak begitu dikenal, misal saja anda bisa mewawancarai seorang tenaga pengajar (guru) nah ini juga kan relevan untuk membahas sebuah topik pendidikan.

Jangan ragu untuk minta saran kepada penonton soal narasumber karena mereka lah yang menginginkan informasi-informasi terkait, kita adalah seorang podcaster yang sifatnya membawakan suatu topik agar lebih menarik lagi.

Baca juga: Hosting Gratis Terbaik Untuk Podcast Pemula

Ok, saya pikir informasi yang kita bahas soal podcast ini cukup menambah wawasan yang lebih dalam lagi soal podcast.