Tips Memilih Laptop yang Bagus Untuk Pelajar atau Kerja

Tips Memilih Laptop yang Bagus Untuk Pelajar atau Kerja

Posted on

Masih tentang teknologi, tapi kali ini kita akan membahas tips memilih laptop yang bagus, agar tidak salah beli maksudnya peruntukannya tidak tepat, seperti kebutuhan untuk kerja tapi malah pilih yang untuk pelajar. Tapi tidak menutup kemungkinan laptop pelajar sekarang ini justru lebih baik ketimbang keperluan pekerjaan.

Pernah saya mendapatkan kasus laptop spek rendah kemudian dipakai untuk memutar sebuah video dengan resolusi tinggi, yang berakibat laptop itu jadi hang. Maklum saya pikir karena pengguna laptop tersebut tidak mengerti spek laptop yang dibelinya.

Agar tidak dapat mendapat masalah seperti itu, maka wajib kita pandai-pandai dalam memilih barang yang akan kita beli khususnya laptop, adalah satunya dengan memilih harga dan spesifikasinya.

Dalam memilih laptop tidak boleh asal, karena pertimbangan seperti yang sudah di jelaskan diawal, penggunaan laptop itu macam-macam ada yang cuma butuh untuk kebutuhan ngetik saja, maka pilih laptop spek sederhana sudah sangat cukup. Begitu juga sebaliknya jika keperluannya untuk membuka software yang berat maka pilih yang spek yang tinggi.

Dipasaran banyak laptop yang yang murah dengan spesifikasi tinggi, semua banyak pilihannya, mau pilih yang kondisi bekas maupun kondisinya baru. Dengan anda tau spesifikasi dan harga sebuah laptop tentunya kita bisa mempertimbangkan dengan baik.

Bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan laptop tapi masih bingung bagaimana cara memilihnya. Berikut ini ada tips untuk anda yang sedang mencari spek dan harga yang cocok untuk keperluan.

Tips Membeli Laptop Baru Maupun Bekas Bagi Pemula

1. Jenis Prosesor

Dalam hal memilih jenis prosesor sangat penting anda putuskan matang-matang karena erat hubungannya dengan penggunaan nantinya. Apakah laptop tersebut akan digunakan untuk menjalankan Game, Design Multimedia, atau Menulis. Itu yang membedakan pemilihan jenis prosesor yang akan digunakan.

Sebagai contohnya anda membeli laptop untuk kebutuhan design multimedia disarankan anda memilih prosesor jenis Intel Core i3 minimalnya, tapi bukan berarti jenis AMD tidak bisa digunakan. Bila keperluannya untuk menjalankan game offline maupun online baiknya pilih jenis prosesor AMD.

2. Kapasitas RAM

Fungsi utama RAM adalah mempercepat kinerja sebuah komputer, tapi anda harus tau bahwa RAM bukan satu-satunya komponen yang membuat kinerja sebuah komputer atau laptop jadi cepat, RAM sebuah komponen yang membantu kerja prosesor untuk mengolah berbagai data dan perintah, semakin anda menggunakan ukuran RAM yang besar maka semakin baik lagi kinerja sebuah laptop atau komputer.

3. Memilih GPU (Video Grafis)

Seperti halnya prosesor, grafis terdiri dari dua jenis yaitu NVIDIA GeForce dan ATI AMD Radeon. Jika keperluan pekerjaan yang menuntut menggunakan laptop yang memiliki spek tinggi seperti melakukan render video, maka pilih salah satu diantaranya, tapi pada umumnya orang akan memilih NVIDIA sebagai kartu grafis sedangkan keperluan game lebih memilih jenis AMD Radeon.

Perlu diketahui jika GPU memiliki sebuah memori yang membantu kinerja grafis yang baik, pemilihan ini kembali lagi pada keperluan anda sebaiknya pilih yang mana.

4. Dimensi Layar

Ukuran layar ini tergolong banyak macamnya, memang kembali lagi kepada keperluan bila anda seorang yang mobile maka kebanyakan akan memilih sebuah laptop yang berukuran layar kecil dengan alasan mudah saat dibawa mondar mandir.

Ukuran layar monitor laptop yang ideal adalah pada dimensi 14 inchi, dengan layar selebar itu anda akan nyaman melakukan banyak hal seperti mengetik, design hingga bermain beberapa game, karena tidak melelahkan mata kita.

5. Beli Baru atau Bekas

Keperluan dan kebutuhan serta biaya yang membuat anda tidak harus membeli laptop dalam kondisi baru, memang jelas memilih yang baru karena jika ditunjang dengan dana cukup pasti memilih yang baru karena ada garansi resmi dari produsen langsung. Selain itu seluruh hardware yang dipakai semua masih baru dan tersegel.

Tapi bila masalah dana yang minim tapi ingin sebuah laptop dengan performa yang cukup bagus karena kebutuhan (ingat sesuaikan kebutuhan). Banyak sekali toko komputer offline maupun online yang terpercaya menjual laptop bekas yang berkualitas.

Dalam memilih laptop bekas anda bisa mulai cek dari kondisi fisik, hardware setelah diyakini tidak bermasalah. Tetapkan pilihan kepada kebutuhan, soalnya tidak jarang orang mengejar tampilan dan performa ketimbang memilih karena kebutuhan, performa dan penampilan bagus jelas membutuhkan dana yang bagus pula.

Baca juga; Pastikan Memilih Processor Yang Bagus dan Tepat Untuk Laptop

Kesimpulan

Memilih laptop dengan mementingkan kebutuhan memang tidak menguras kantong, seperti saya pribadi memilih beli laptop bekas dengan prosesor yang rendah hanya core2duo dengan ram 2GB karena kebutuhannya hanya untuk ngetik artikel update blog dan browsing saja tanpa da kebutuhan lain, dengan begitu kita dapat menghemat dana lebih banyak.

Barang elektronik itu semakin mahal harga maka spek yang akan anda dapatkan akan semakin bagus, jika keperluan untuk software berat saya sarankan membeli laptop yang masih baru dengan rate harga minimal 6 jutaan keatas agar mendapat performa yang diinginkan.

Semoga ulasan ini dapat membantu anda mengambil keputusan memilih laptop yang bagus dan tepat untuk pelajar maupun keperluan kerja.