Tips Memulai Channel YouTube Baru

Tips Memulai Channel YouTube Baru? Simak Penjelasan ini

Posted on

Masih banyak yang penasaran dengan platform youtube salah satunya orang-orang yang ingin menjadi konten kreator atau gampanganya seorang youtuber, ada banyak pemula yang beranggapan membuat channel youtube itu hanya sekedar upload kemudian selesai sampai disitu.

Tips membuat channel youtube baru yang akan diulas ini semoga dapat membantu mempermudah untuk memahami apa saja yang harus kita siapkan sebelum membuka channel baru. Pertama kita ngobrol soal apa tujuan anda membuat channel youtube ingin mencari uang atau punya rencana lain? Simpan dulu harapan itu jika tujuan anda langsung ke uang, karena di youtube tidak bisa sukses dalam waktu semalam saja, butuh ketekunan dan waktu yang panjang.

Beda cerita dengan orang yang sudah terkenal sebelumnya, misal artis atau publik figur yang lainnya, mereka akan mudah meraih sukses dalam waktu yang tidak terlalu lama berbeda dengan kita yang bukan golongan itu, maka perlu waktu dan ini bisa anda renungkan agar tidak terlalu menggebu soal itu.

Berikut ini tips memulai channel youtube untuk pemula

1. Kenali diri kita terlebih dahulu

Maksud dari poin ini adalah cari tau apa passion yang ada pada diri anda, seperti sesuatu yang anda minati dan suka dengan apa yang anda kerjakan, karena jika kita melakukan hal yang bukan passion kita maka waktunya tidak akan berjalan lama karena anda akan merasa tidak nyaman menjadi orang lain.

Ingat buat lah sesuatu yang berbeda dengan orang lain, kendati sebenarnya fassion itu setiap orang bisa saja sama tapi itu soal kategori, sub kategorinya ya ada pada diri anda misal anda suka memainkan alat musik, alatnya sama dengan yang lain tetapi caranya anda berbeda membawakannya.

Jika sudah anda temukan passion anda dimana, maka tips memulai channel baru youtube sudah sedikit anda pahami, karena membuat sesuatu yang didasari dengan passion tidak akan membosankan untuk dilakukan.

2. Niche (tema channel)

Mungkin anda sudah berkali-kali mendengar kata niche bukan? Ya karena itu termasuk kebutuhan pokok channel youtube, niche adalah market dengan memilih niche yang tepat dengan passion anda maka selamat anda akan menemukan kesenangan disini.

Tetapi jika anda membuat channel yang tidak terfokus maka yang terjadi market anda jadi sepi, bukan hal yang sepele soal tema ini karena akan mempengaruhi pendapatan dari iklan yang akan ditayangkan, pengiklan ingin iklanya tampil pada video yang tepat, uadiens yang tepat juga, mereka tidak mau iklan tampil disembarang jenis video lebih tepatnya buatlah tema (niche) yang memiliki nilai jual.

Selain tips memulai channel youtube baru di atas tadi, berikut ini poin-poin yang wajib diikuti agar rencana anda tidak gagal.

– Membuat judul video yang di unggah harus menarik

Bagaimana tidak begitu anda masih belum menjadi siapa-siapa hal ini wajib dilakukan agar menarik penonton lebih banyak lagi, jangan khawatir masa ini akan bisa anda lalui ketika sudah mendapat penonton setia dan subscriber yang loyal.

Perlu contoh? Ada banyak contoh youtuber yang sudah mempunyai penonton loyal tidak perlu lagi membuat judul video yang begitu menarik dan di optimasi sedemikian rupa, karena sebenarnya upload video terbaru anda sudah ditunggu oleh subscriber, jadi tidak ada yang dikhawatirkan lagi.

Membuat judul yang menjual artinya laku, tapi harus sesuai dengan isi konten didalam video yang anda buat jika tidak ingin menghadapi resiko, channel anda akan di cap click bait. Video dengan judul tidak nyambung akan ditinggal oleh penonton bahkan ia tidak akan kembali lagi menonton video yang anda upload ingat itu.

Tidak ketinggalan pentingnya adalah membuat tag dan deskripsi yang isinya penjelasan singkat apa isi video yang anda unggah tersebut agar membantu di search engine youtube kemudian tidak menyesatkan yang menonton jika ada penjelasan singkatnya.

– Membuat gambar thumbnail yang menarik dan sesuai konten

Dalam rangka mensuksekan video yang anda upload adalah peran penting dari gambar yang pertama kali orang akan lihat, belajar membuat thumbnail yang bagus dan tidak disarankan untuk menggunakan cara membohongi penonton, lagi-lagi soal click bait jadi kalau anda membuat gambar yang tidak sesuai dengan isi video akan di cap buruk juga oleh penonton yang akhirnya tidak mau subscribe ke channel anda, mau?

– Terus bereksperimen dengan passion yang anda miliki dengan sabar

Memulai channel youtube baru memang tidak bisa dibilang gampang, karena kita juga dituntut untuk sabar sampai anda menyadari bahwa video yang anda upload banyak yang suka. Jika hal ini bisa anda lewati dengan sabar karena program partner youtube memerlukan seorang kreator yang sabar dan mau memperbaiki kesalahannya hingga mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tonton pertama.

Dari situ perjuangan anda belum selesai karena harus mempertahankan video-video yang berkualitas agar performa channel baru anda semakin eksis di platform yang dihuni oleh jutaan konten kreator seluruh dunia ini.

Eksperimen yang anda lakukan akan menghasilkan penonton yang loyal dan jenis video apa yang mereka sukai.

– Hati-hati penggunaan konten yang mempunyai hak cipta

Kebanyakan orang yang baru bergabung dengan youtube ia tidak menyadari bahwa video yang ia upload milik orang lain, ini yang membuat anda tidak bisa kerja sama dengan program partner youtube. Buatlah konten yang tidak mengandung hak cipta orang lain usahakan semua isi video milik anda, jika terpaksa anda menggunakan konten orang lain lihat dan izin kepada pemiliknya agar tidak menjadi masalah dikemudian hari.

Baca juga; Membuat Video itu Gampang yang Susah Ide Kontennya

Nah, paling tidaknya tips memulai channel youtube baru ini sudah anda pahami, agar apa yang anda inginkan dapat tercapai, sayang waktu tenaga pikiran dan biaya kalau anda punya keinginan tetapi tidak paham apa itu youtube dan harus bagai mana memulainya.

Selalu sabar dan berusaha sertakan doa. Semoga berhasil